fbpx
Senin - Jumat08:00-14:00Sabtu08:00-13:00Call us 081336865595

Keputihan Dapat Mempersulit Hamil?

January 11, 2022 by admin0
signum9.jpg

Keputihan adalah kondisi saat lendir atau cairan keluar dari vagina. Keputihan merupakan cara alami tubuh untuk menjaga kebersihan dan kelembapan organ kewanitaan.Jumlah, warna, serta kekentalan lendir karena keputihan tergantung pada siklus menstruasi yang dialami.

Lendir yang normal umumnya berwarna bening hingga keputih-putihan, tidak berbau, dan tidak disertai gatal-gatal atau rasa perih pada daerah vagina. Sedangkan keputihan yang tidak normal memiliki perubahan pada warna dan kekentalan lendir, jumlah lendir yang berlebihan, bau lendir yang tajam, pendarahan di luar jadwal haid, serta rasa gatal di sekitar vagina dan nyeri pada perut. 
Keputihan tidak normal dapat menyebabkan seorang wanita susah hamil. Karena pada kondisi ini, cairan yang dikeluarkan sangat banyak, kental, dan cenderung menutupi mulut rahim. Dengan ini, sperma akan mengalami kesulitan untuk menembusnya, sehingga pembuahan pun tidak akan terjadi.

ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan guna mengatasi keputihan tersebut, di antaranya:

1. Bersihkan vagina dengan tepat

 Anda bisa mulai membersihkan vagina dengan cara yang tepat, yaitu dengan membasuhnya dari depan ke belakang atau dari arah vagina menuju anus. Bersihkanlah vagina setiap kali selesai buang air kecil atau buang air besar.

2. Hindari menggunakan produk kewanitaan

Vagina sebenarnya adalah organ yang dapat membersihkan dirinya sendiri. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu menggunakan produk pembersih kewanitaan, seperti cairan pembersih vagina (vaginal douche) atau bedak vagina.

3. Gunakan kompres dingin

Guna meredakan rasa tidak nyaman, seperti gatal atau bengkak, pada vagina saat mengalami keputihan, Anda juga bisa coba untuk menggunakan kompres dingin. Kompreslah vagina menggunakan kompres es atau waslap lembut yang direndam dalam air dingin.

4. Konsultasi pada dokter

Apabila keputihan tidak normal yang Anda alami berlangsung lebih dari 1 minggu, sebaiknya segera konsultasikan hal tersebut pada dokter.Jika keputihan Anda disebabkan oleh infeksi bakteri, dokter dapat memberikan obat antibiotik, sesuai jenis kuman penyebab keputihan.

Sementara itu, bila keputihan yang Anda alami disebabkan oleh infeksi jamur, dokter mungkin akan meresepkan obat antijamur dalam bentuk krim atau tablet yang dimasukkan ke dalam vagina.Untuk mengobati keputihan akibat infeksi parasit, seperti trikomoniasis, dokter bisa memberikan obat antiparasit.

Cara Mencegah Keputihan

  • Hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat
  • Jaga area vagina tetap kering
  • Bersihkan area vagina dari depan ke belakang setelah buang air besar maupun buang air kecil
  • Ganti pembalut dengan teratur saat menstruasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Copyright by SignumFertility 2021. All rights reserved.