fbpx
Senin - Jumat08:00-14:00Sabtu08:00-13:00Call us 081336865595

Beberapa Penyebab Wanita Susah Hamil,Wajib Tahu!

November 12, 2021 by admin0
istockphoto-1070079130-170667a.jpg

Endometriosis

Endometriosis adalah kondisi yang mengakiatkan jaringan dinding rahim (endometrium) tumbuh di luar rahim. Pertumbuhannya sering terjadi pada indung telur (ovarium) dan tuba falopi.Pertumbuhan jaringan ini dapat menyebabkan luka yang menyumbat tuba falopi sehingga menghambat pertemuan sel sperma dan sel telur.

Gangguan Ovulasi

Umumnya, wanita akan mengalami masa subur setiap 21-35 hari sekali.wanita yang tidak mengalami ovulasi sama sekali disebut anovulasi.Hal itu dapat terjadi sebagai gejala dari kondisi medis tertentu.Seperti, sindrom polikistik ovarium (polycystic ovary syndrome/PCOS), hipogonadotropik hipogonadisme, dan masalah di indung telur lainnya.

Usia yang Tidak Lagi Muda

Seiring pertambahan usia, tubuh wanita akan mengalami penurunan fungsi, termasuk pada kuantitas maupun kualitas sel telur yang diproduksi.Sel telur yang berkurang dari segi kualitas maupun kuantitas dialami oleh wanita yang mulai menginjak usia 30 tahun. Tetapi ada juga wanita yang baru mengalami kondisi ini di umur 40 tahun.

Gaya hidup yang tak sehat

Kebiasaan Merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, begadang, dan lainnya menjadi penyebab infertilitas pada sebagian orang baik wanita maupun pria. Kondisi ini kemudian bisa berujung menjadi penyebab susah hamil bagi wanita.Selain itu,berat badan yang kurang ideal juga menjadi penyebab susah hamil.

Hormon prolaktin yang berlebih

Hormon prolaktin adalah hormon yang membantu meningkatkan produksi ASI.Umumnya, wanita yang tidak sedang hamil atau tidak sedang menyusui memiliki kadar hormon prolaktin rendah.Jika hormon prolaktin berlebih hal itu dapat menjadi penyebab susah hamil pada wanita.Hal ini karena hormon prolaktin dapat menghambat wanita untuk mengalami ovulasi.

Gangguan kesehatan rahim dan leher rahim

Masalah kesehatan atau kelainan pada rahim dan leher rahim juga dapat membuat wanita susah atau sulit hamil.Seperti Fibroid atau tumor jinak yang terbentuk dari otot halus yang terdapat dalam rahim serta Bentuk rahim yang tidak normal sejak lahir

Faktor keturunan

Meskipun tidak keseluruha masalah kesuburan pada wanita karena faktor genetik, Namun susah hamil dari faktor keturunan mungkin saja terjadi.Faktor ketidaksuburan pria, misalnya, bisa hasil turun menurun dari kakek ke ayah kemudian ke anak.Wanita yang mengalami menopause dini pun mengalami hal yang sama.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Copyright by SignumFertility 2021. All rights reserved.