fbpx
Senin - Jumat08:00-14:00Sabtu08:00-13:00Call us 081336865595

Sarapan Pagi Bikin Cepat Hamil?

November 17, 2021 by admin0
gardie-design-social-media-marketing-a-eC_o3TRCU-unsplash-1200x800.jpg

Terdapat sebuah studi yang mencari tahu hubungan antara waktu makan dengan siklus haid tidak teratur pada wanita penderita Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS).

PCOS adalah gangguan yang meningkatkan jumlah hormon seks pria yang beredar dalam darah wanita dan mengakibatkan ketidakberaturan menstruasi sehingga membuat wanita susah hamil.

Para peneliti mengikuti pola hidup 60 wanita dengan rentang usia 25–39 tahun selama 12 minggu. Masing-masing wanita ini memiliki indeks massa tubuh (BMI) kurang dari 23.

Peneliti yang dipimpin oleh Profesor Oren Froy, Profesor Daniela Jocabovitz dan Dr. Julio Weinstein membagi para wanita menjadi dua kelompok. Masing-masing kelompok tersebut diperbolehkan mengonsumsi 1.800 kalori per hari.

Para peneliti meminta 30 wanita untuk sarapan dengan porsi besar, sedangkan 30 lainnya makan besar di malam hari.Hasilnya, wanita yang sarapan mengalami penurunan kadar gula darah dan insulin sebanyak 8 persen. Sementara itu, kelompok wanita yang makan malam menunjukkan tingkat insulin yang hampir tidak berubah.

Pada kelompok wanita yang sarapan, para peneliti mencatat bahwa kadar testosteron mereka mengalami penurunan hampir 50 persen.Oleh karna itu,para peneliti menyimpulkan bahwa wanita yang rutin sarapan memiliki tingkat ovulasi yang jauh lebih tinggi ketimbang mereka yang hanya makan banyak di malam hari.

Akan tetapi,penelitian tersebut hanya sebatas sampai penderita PCOS.Oleh karena itu, tidak bisa disimpulkan bahwa sarapan bisa meningkatkan kesuburan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Copyright by SignumFertility 2021. All rights reserved.