fbpx
Senin - Jumat08:00-14:00Sabtu08:00-13:00Call us 081336865595

Apa Itu Oligospermia?

November 15, 2021 by admin0
dainis-graveris-BQFWaXLVOcg-unsplash-1200x1000.jpg

Oligospermia merupakan suatu kondisi saat sperma dalam air mani yang dikeluarkan saat ejakulasi berjumlah sedikit. Oligospermia mampu menjadi penyebab utama ketidaksuburan di laki-laki .jumlah sperma sedikit, atau dianggap lebih rendah dari normal, jika hanya berjumlah kurang dari 15 juta sperma per mililiter air mani.

Oligospermia memiliki derajat keparahan, dan derajat ini menentukan tingkat kesuburan pria. Semakin ringan derajatnya, semakin besar pula kemungkinan pria untuk memiliki anak.

Berikut adalah derajat-derajat oligospermia:

  • Oligospermia ringan, apabila jumlah sperma 10–15 juta per ml
  • Oligospermia sedang, apabila jumlah sperma 5–10 juta per ml
  • Oligospermia berat, apabila jumlah sperma 0–5 juta per ml

Gejala umum dari oligospermia

Disfungsi Seksual

Pada kondisi jumlah sperma sedikit, bisa pula ditemui kesulitan untuk mempertahankan ereksi ataupun penurunan libido. Pria yang mengeluhkan gangguan pada seksualitas juga perlu mencurigai oligospermia.

Nyeri, Bengkak, dan Adanya Benjolan pada Buah Zakar

Adanya nyeri, bengkak, ataupun benjolan pada buah zakar (testis) dapat menunjukan adanya infeksi atau gangguan pada organ reproduksi pria, yang mana merupakan tempat produksi sperma.

Rambut di Tubuh Berkurang

Berkurangnya jumlah rambut pada tubuh pria (misalnya di wajah) dapat dikaitkan dengan gangguan hormonal. Nah, salah satu penyebab dari jumlah sperma yang kurang atau oligospermia adalah akibat gangguan hormonal.

Penyebab oligospermia

  • Ketidakseimbangan Hormon
  • Masalah Ejakulasi/Ejakulasi Retrograde
  • Kebiasaan Merokok dan Konsumsi Alkohol
  • Merokok dan gemar minum minuman beralkohol berkaitan erat dengan produksi sperma yang kurang baik.
  • Infeksi Menular Seksual
  • Terpapar zat racun
  • Penggunaan obat-obatan
  • Menjalani pengobatan kanker

Cara Mengatasi Oligospermia

Oligospermia dapat diatasi tergantung pada penyebab yang mendasarinya.Berikut beberapa pengobatan oligospermia yang disarankan yaitu:

Operasi: Selama prosedur, dokter akan menutup pembuluh darah yang membesar. Mereka akan mengarahkan aliran darah ke pembuluh darah lain.

Pengobatan:Obat-obatan dapat membantu memperbaiki kesuburan dalam kondisi seperti disfungsi ereksi atau ejakulasi prematur.

Mengobati infeksi: Antibiotik dapat menyembuhkan infeksi saluran reproduksi, tetapi ini tidak selalu mengembalikan kesuburan.

Perubahan gaya hidup:Mengurangi berat badan berlebih dan mempertahankan berat badan yang sehat dapat meningkatkan jumlah sperma. 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Copyright by SignumFertility 2021. All rights reserved.