fbpx
Senin - Jumat08:00-14:00Sabtu08:00-13:00Call us 081336865595

Apakah Benar Pengidap Penyakit Autoimun Tidak Bisa Hamil?

March 19, 2024 by admin0
artikel-2024-03-19T153639.835.png

Penyakit autoimun terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel sehat dalam tubuh sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik dan menyebabkan penyakit.

Gejala serupa, seperti kelelahan, demam, dan nyeri otot, ditemukan pada beberapa jenis penyakit autoimun. Penyakit autoimun terbagi menjadi dua kategori: penyakit autoimun sistemik dan penyakit autoimun organ spesifik. Penyakit autoimun sistemik menyerang seluruh organ tubuh, seperti lupus dan RA.

 

Kenapa Penyakit Autoimun Bisa Terjadi

Sayangnya, penyebab pasti penyakit yang menyerang kekebalan tubuh ini masih belum diketahui meskipun banyak orang yang didiagnosis menderita penyakit ini. Tetapi ada beberapa faktor risiko yang dapat menyebabkan autoimun, seperti:

  • Tempat tinggal
    Selain faktor genetik, faktor lingkungan Anda juga dapat memengaruhi kekebalan Anda. Faktor-faktor ini termasuk paparan zat kimia beracun, merokok, dan pola makan yang tidak sehat.
  • Keturunan
    Adanya faktor risiko yang dapat menyebabkan penyakit ini adalah faktor keturunan. Individu yang memiliki riwayat genetik autoimun memiliki kemungkinan lebih besar mengalami kondisi kesehatan ini, meskipun tidak semua orang mengalaminya.
  • Infeksi
    Infeksi virus atau bakteri yang mengganggu sistem kekebalan tubuh juga dapat menyebabkan penyakit ini.

 

Apakah Pengidap Penyakit Autoimun Bisa Hamil

Penderita diabetes dan lupus pada dasarnya dapat menghasilkan keturunan, tetapi ada syarat yang perlu dipenuhi jika mereka ingin memiliki keturunan. Penderita diabetes yang ingin memiliki keturunan harus menjaga berat badan ideal dan mengendalikan kadar gula darah mereka.

Pada kenyataannya, kadar gula darah yang terkendali menurunkan risiko masalah kesuburan, dan sebaliknya, kadar gula darah yang tidak terkendali meningkatkan risiko masalah kesuburan. Jika Anda didiagnosa lupus dan ingin memiliki anak, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mengenai kondisi ini.

Namun, penting untuk diingat bahwa penderita lupus yang tengah hamil memiliki risiko yang lebih besar untuk mengalami preeklamsia selama kehamilan.

 

Jika Anda membutuhkan bantuan seputar program hamil, mengatasi infertilitas, dan program bayi tabung, Anda bisa kunjungi Signum Fertility Clinic untuk mendapatkan pelayanan yang Anda butuhkan.

Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami di:

081336865595

Atau kunjungi langsung Signum Fertility Clinic di Jl. Mayjen Prof. Dr. Moestopo No.31-35, Pacar Keling, Kec. Tambaksari, Surabaya


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Copyright by SignumFertility 2021. All rights reserved.