fbpx
Senin - Jumat08:00-14:00Sabtu08:00-13:00Call us 081336865595

Mandul atau Tidak Subur?Apa Bedanya?

January 19, 2022 by admin0
signum12.jpg

Apa itu mandul?

Mandul artinya suatu kondisi yang membuat seseorang tidak dapat memiliki keturunan.Laki-laki dikatakan mandul jika ia tidak bisa menghasilkan sperma, atau sperma yang dihasilkan buruk, sehingga tidak mampu membuahi sel telur dari perempuan. Sedangkan seorang perempuan dikatakan mandul ketika indung telurnya tidak dapat melepaskan telur untuk dibuahi. Walaupun begitu, fungsi seksualAnda tetap bekerja dengan normal.

Salah satu penyebab kemandulan adalah karena pengobatan kanker atau kemoterapi. Pasalnya, kemoterapi menyebabkan kerusakan pada testis dan membuat produksi sperma menurun bahkan tidak dapat diproduksi sama sekali. Selain itu, kemandulan pada perempuan juga dapat terjadi karena menopause dini, di mana indung telur sudah tidak melepaskan telur lagi sebelum usia 40 tahun. Kelainan genetik juga dapat menyebabkan kemandulan.

Apa itu tidak subur?

Berbeda dengan kondisi tidak subur. Seseorang masih dapat memiliki anak ketika didiagnosis tidak subur. Pasalnya, ketidaksuburan pada perempuan maupun laki-laki masih bisa diobati. Selain itu kamu juga bisa mencoba program bayi tabung.

Kondisi tidak subur artinya kamu tidak memiliki anak walaupun telah melakukan hubungan seksual secara teratur selama lebih dari satu tahun. Kondisi tersebut disebabkan pembuahan yang tidak berjalan sempurna atau perempuan sering mengalami keguguran.

terdapat empat hal yang harus Anda penuhi untuk mencapai kehamilan. Jika salah satu dari keempat hal tersebut tidak dapat Anda penuhi, maka bisa dikatakan Anda tidak subur. Keempat hal tersebut yaitu:

  • Adanya sperma
  • Indung telur harus melepaskan telur ke tuba falopi (saluran yang menghubungkan antara indung telur dan rahim)
  • Pembuahan (sperma bertemu sel telur) harus terjadi
  • Telur yang sudah dibuahi sperma harus sukses menempel di dinding rahim (implantasi)

Penyebab seorang perempuan tidak subur di antaranya gangguan ovulasi atau pelepasan telur karena menderita sindrom ovarium polikistik (PCOS), mengalami kelainan pada uterus, tuba falopi mengalami kerusakan, dan menderita penyakit tertentu seperti kanker dan diabetes.

Sedangkan penyebab seorang laki-laki menjadi tidak subur adalah kelainan pada produksi atau fungsi sperma, mengonsumsi alkohol atau narkoba, dan menderita penyakit tertentu seperti kanker.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Copyright by SignumFertility 2021. All rights reserved.