fbpx
Senin - Jumat08:00-14:00Sabtu08:00-13:00Call us 081336865595

Ketahui,Ternyata Ini Penyebab Mandul!

November 4, 2021 by admin0
omar-lopez-25Yf5DvSKs-unsplash-1200x800.jpg

Kemandulan merupakan kondisi di mana pasangan suami istri (pasutri) tidak bisa mempunyai anak meski aktif berhubungan intim. pada istilah medis, kondisi ini disebut dengan infertilitas (ketidaksuburan).

Laki-laki dikatakan mandul Jika dia tidak mampu menghasilkan sperma, atau sperma yang dihasilkan buruk sehingga tak mampu membuahi sel telur dari wanita. Sedangkan, wanita dikatakan mandul saat indung telurnya tidak bisa melepaskan telur, sehingga telur tidak dapat dibuahi.

berikut penyebab kemadulan pada pria dan wanita:

Penyebab Kemandulan Pada Pria

  • Infeksi menular seksual (IMS), seperti chlamydia dan goore.
  • Gangguan ejakulasi (delayed ejaculation), adalah kondisi di mana seorang laki-laki membutuhkan waktu yang lama buat mencapai orgasme. Bahkan tidak jarangkondisi ini membuat pengidapnya tidak mengalami ejakulasi sama sekali ketika berhubungan seksual
  • Penyumbatan di testis. Kondisi ini dapat mengakibatkan sel sperma tidak dapat masuk ke cairan mani (azoospermia). Penyebabnya bisa karena bawaan lahir atau trauma fisik yang mengenai testis, prostat, dan uretra.
  • Varikokel, yaitu pembengkakan pada pembuluh vena di dalam kantong zakar atau skrotum. Kondisi ini dapat ditandai dengan penyusutan testis serta penurunan kualitas dan kuantitas sperma, membuat pengidapnya rentan mengalami kemandulan.
  • Impotensi adalah penyakit disfungsi seksual yang dialami oleh pria. Penyakit ini menyebabkan seseorang tidak mampu berereksi maupun mempertahankan ereksi kemaluannya, sehingga menghambat aktivitas seksual saat berhubungan intim.

Penyebab Kemandulan Pada Wanita

  • Gangguan ovulasi. Kondisi ini mengakibatkan wanita tidak dapat melepaskan sel telur, atau membutuhkan waktu yang lebih lama untuk melepaskan sel telur. Hal ini dapat terjadi karena gangguan hormon reproduksi seperti GnRH (gonadotropine releasing hormone), maupun beberapa penyakit seperti PCOS (polycystic ovary syndrome), dan kelebihan hormon prolaktin.
  • Endometriosis, yaitu suatu kondisi di mana jaringan dari lapisan dalam dinding rahim atau endometrium tumbuh di luar rongga rahim. Pertumbuhan jaringan tambahan atau operasi pengangkatannya bisa menyebabkan munculnya jaringan parut. Dampaknya, jaringan parut bisa menghalangi tabung saluran indung telur dan menghambat terjadinya pembuahan sel telur oleh sperma.
  • Ketidaknormalan pada lendir serviks bisa mempersulit proses pertemuan sperma dan sel telur, sehingga menghambat terjadinya pembuahan.
  • Kelainan anatomi, seperti kelainan pada tuba falopi, gangguan pada cairan leher rahim (serviks), miom, dan lain-lain. Miom adalah pertumbuhan sel tumor di dalam atau di sekitar uterus (rahim) yang tidak bersifat kanker atau ganas. Kondisi ini bisa menyebabkan keguguran, masalah kehamilan (sangat jarang terjadi), hingga kemandulan.
  • Kondisi tertentu yang berhubungan dengan penundaan pubertas atau berhentinya menstruasi (amenorrhea), seperti penyakit celiac, diabetes yang tidak terkontrol, dan beberapa penyakit autoimun (seperti lupus).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Copyright by SignumFertility 2021. All rights reserved.