fbpx
Senin - Jumat08:00-14:00Sabtu08:00-13:00Call us 081336865595

Berat Badan Sering Naik Saat Haid?Ternyata Ini Penyebab dan Solusinya

November 2, 2021 by admin0
i-yunmai-5jctAMjz21A-unsplash-1200x800.jpg

Peningkatan berat badan saat menstruasi dalah gejala umum selama menstruasi. Biasanya berat badan akan bertambah 2 hingga 3 kilogram selama menstruasi,dan setelah masa menstruasi berakhir, berat ekstra akan hilang secara otomatis. Perubahan biasanya mulai terlihat 3 sampai 4 hari sebelum siklus bulanan dan menghilang 2-3 hari setelah itu.

Penyebab Berat Badan Naik Saat Haid

1.Perubahan Hormon

Perubahan hormon tubuh mampu mengacaukan kinerja hormon lapar,yang dapat membuat lambung melepas hormon ghrelin lebih banyak dan berakibat meningkatnya nafsu makan, selain itu naiknya berat badan saat haid juga bisa di pengaruhi oleh Fluktuasi dalam hormon yang disekresikan oleh kelenjar adrenal yang menyebabkan retensi air (penumpukan cairan berlebih dalam tubuh) namun, retensi air di jaringan Anda akan tersapu dengan sendirinya setelah kadar hormon menurun.

2.Malas Berolahraga

Pada awal menstruasi, tingkat hormon akan turun secara sekaligus.Gejala pms seperti kembung serta kram perut juga mendung alasan anda untuk malas berolahraga. saat hal tersebut diiringi dengan nafsu makan yang meningkat, hal ini bisa mengakibatkan penambahan berat badan.

3.Masalah Pencernaan

Saat masa menstruasi, fluktuasi hormonal menyebabkan masalah pencernaan seperti sembelit, diare, dan sakit perut. Hal tersebut dapat terjadi karena hormon progesteron adalah penyebab terjadinya perut kembung dan gas yang dapat memicu kontraksi otot usus sehingga  membuat Anda merasa tidak nyaman.

Solusi

-Banyak Minum Air :menjaga tingkat hidrasi dapat mengurangi retensi air.Hal ini juga akan membantu menjaga tingkat elektrolit pada tubuh serta mencegah tubuh Anda menyimpan cairan.Pasalnya, tubuh akan menghemat lebih banyak cairan jika Anda mengalami dehidrasi.

-Menyediakan makanan sehat :Makanlah makanan yang kaya serat seperti buah-buahan. Ini dapat mencegah sembelit, dan mencegah Anda makan berlebihan.

-Kurangi asupan garam :Makan terlalu banyak natrium(garam) saat haid dapat menaikkan retensi air dan membuat merasa lebih kembung.

-Berolahraga :Sejumlah studi menunjukkan bahwa dengan berolahraga bisa menurunkan gejala PMS dan  nyeri haid.

Baca Juga :Tips Alami Meningkatkan kesuburan untuk Wanita

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Copyright by SignumFertility 2021. All rights reserved.