fbpx
Senin - Jumat08:00-14:00Sabtu08:00-13:00Call us 081336865595

Cara mengatasi Hamil Sungsang

November 6, 2021 by admin0
anastasiia-chepinska-B7JVo5y3gL8-unsplash-1200x645.jpg

Hamil sungsang merupakan kondisi saat kepala janin berada pada rahim bagian atas, bukannya pada rahim bagian bawah mendekati jalan lahir. Bila posisi janin ini menetap sampai mendekati waktu kelahiran, Bumil perlu berkonsultasi dengan dokter untuk memilih metode persalinan yang safety.

Tetapi sebelum itu bunda bisa mencoba mengembalikan posisi bayi sungsang ke normal dengan beberapa cara berikut:

Menggunakan suara : Janin umumnya sudah bisa mendengar suara dari luar rahim sejak usia kehamilan memasuki minggu ke-15gunakan alunan musik atau suara untuk  merangsang bayi bergerak ke arah suara.Untuk melakukannya, Anda bisa menempelkan headphone secara langsung ke bagian bawah perut Anda.

Terapi hipnosis :Terapi hipnosis dilakukan untuk membuat Anda menjadi rileks dan tenang dengan memberikan sugesti ke alam bawah sadar Anda. Berdasarkan penelitian, posisi bayi mampu diubah jika ibu hamil seringkali melakukan terapi ini saat usia kehamilan memasuki minggu ke-37 sampai ke-40. 

Inversi :cara ini adalah dengan memposisikan pinggul setinggi 30 cm dari lantai.Posisi ini diyakini mampu membetulkan posisi sungsang karena merangsang janin berputar, agar posisi kepala bayi di bawah. Untuk melakukannya, Anda perlu berada dalam posisi telentang dengan lutut ditekuk dan kedua kaki menapak.Lakukan gerakan ini sebanyak tiga kali sehari selama 10-15 menit.

Terapi akupuntur :Cara ini dilakukan dengan metode moksibusi atau membakar daun ramuan tertentu dan menggabungkannya dengan metode lain seperti External Cephalic Version (EVC). Terapis akan menusuk jarum akupunktur ke ujung jari kelingking. Cara ini diyakini bisa merangsang pergerakan bayi di dalam kandungan agar bisa kembali ke posisi yang seharusnya. 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Copyright by SignumFertility 2021. All rights reserved.