fbpx
Senin - Jumat08:00-14:00Sabtu08:00-13:00Call us 081336865595

Beberapa Metode Bantuan Reproduksi untuk Mengatasi Infertilitas Wanita

March 22, 2024 by admin0
artikel-2024-03-22T144958.706.png

Baik pria maupun wanita dapat mengalami ketidaksuburan. Ketika melakukan hubungan seksual secara rutin selama bertahun-tahun, kehamilan tidak kunjung terjadi adalah indikasi utama kondisi ini. Pada wanita, pemeriksaan ketidaksuburan dilakukan dengan melihat riwayat medis dan pengujian fisik, termasuk pemeriksaan panggul. Dokter juga perlu memastikan apakah ovulasi terjadi secara teratur, sehingga mereka dapat menemukan masalah utama yang menyebabkan ketidaksuburan tersebut.

 

Metode Mengatasi Infertilitas Wanita yang Manjur

Perencanaan yang dilakukan untuk menangani infertilitas wanita bergantung pada penyebab, usia, durasi, dan faktor lain. Perawatan dapat dilakukan melalui pengobatan atau pembedahan, tergantung pada diagnosis yang diterima oleh dokter. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan:

  • Mengkonsumsi obat
    Dokter dapat memberikan obat untuk mengatur atau merangsang ovulasi atau obat kesuburan untuk mengatasi infertilitas wanita. Obat-obatan ini adalah pilihan utama bagi wanita yang mengalami masalah kesuburan karena gangguan ovulasi. Obat kesuburan biasanya bekerja seperti hormon alami untuk memicu ovulasi, seperti hormon perangsang folikel dan hormon luteinizing. Mereka juga membantu merangsang sel telur lebih baik, meningkatkan kemungkinan kehamilan. Beberapa jenis obat kesuburan yang biasanya diresepkan termasuk:

    • Klorida sitrat
    • Gonadotropin
    • Obat metformin.
    • Letrozole
    • Bromokriptin

 

  • Proses pembedahan
    Untuk memperbaiki masalah yang ada dan meningkatkan kesuburan, mungkin diperlukan beberapa prosedur bedah. Dokter akan menentukan seberapa efektif prosedur ini. Meskipun begitu, tindakan ini sangat jarang dilakukan karena fertilisasi in vitro (IVF) adalah pilihan yang lebih baik. Ini juga berlaku untuk orang yang mengalami pengangkatan tuba atau penyumbatan di dekat rahim. Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah:

    • Operasi laparoskopi: Tindakan bedah ini bermanfaat untuk mengatasi masalah anatomi rahim, seperti menghilangkan polip endometrium dan fibroid yang merusak rongga rahim dan menghilangkan adhesi yang terletak di panggul atau rahim.
    • Operasi tuba: Wanita dengan gangguan tuba falopi, seperti sumbatan atau penumpukan cairan, memerlukan operasi laparoskopi untuk menghilangkan adhesi dan melebarkan tuba atau membuat lubang baru.

 

  • Bantuan dengan reproduksi
    Ada beberapa cara yang paling umum untuk membantu reproduksi, seperti:

    • Inseminasi intrauterin, atau IUI, adalah penempatan jutaan sperma yang sehat ke dalam rahim sekitar waktu ovulasi.
    • In vitro fertilization (IVF): pembuahan terjadi setelah sperma dan sel telur dikumpulkan dan digabungkan. Embryo akan tumbuh selama tiga hingga lima hari dan dimasukkan ke dalam rahim wanita.
    • Gamet intrafallopian transfer (GIFT) terjadi ketika sperma dan sel telur dikumpulkan dan dimasukkan ke dalam tuba falopi. Zygote intrafallopian transfer (ZIFT) terjadi ketika sperma dan sel telur digabungkan di laboratorium, dan kemudian sel telur yang telah dibuahi dimasukkan ke dalam tabung selama 24 jam.

 

Jika Anda membutuhkan bantuan seputar program hamil, mengatasi infertilitas, dan program bayi tabung, Anda bisa kunjungi Signum Fertility Clinic untuk mendapatkan pelayanan yang Anda butuhkan.

Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami di:

081336865595

Atau kunjungi langsung Signum Fertility Clinic di Jl. Mayjen Prof. Dr. Moestopo No.31-35, Pacar Keling, Kec. Tambaksari, Surabaya


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Copyright by SignumFertility 2021. All rights reserved.