fbpx
Senin - Jumat08:00-14:00Sabtu08:00-13:00Call us 081336865595

Bagaimana Tanda Positif Hamil Wanita?

March 22, 2024 by admin0
artikel-35.png

Terlambat datang bulan dan hasil tes pack biasanya menunjukkan bahwa Anda hamil. Tetapi ada tanda-tanda yang menunjukkan bahwa Anda hamil. Perubahan fisik, munculnya gejala tertentu, perubahan kesehatan mental, dan bahkan bau flek adalah tanda hamil.

Selain itu, tanda-tanda kehamilan dapat berbeda pada setiap wanita dan setiap individu yang sedang hamil. Sulit untuk membedakan gejala pramenstruasi dari tanda kehamilan juga. Untuk memastikan, lakukan tes kehamilan setelah menstruasi terlambat. Namun, satu-satunya cara untuk mengetahui apakah Anda hamil adalah dengan melakukan tes kehamilan atau USG.

 

Tanda Pertama Wanita Positif Hamil

  • Sensitif terhadap bau
    Berubahnya reaksi tubuh terhadap bau atau aroma tertentu adalah salah satu tanda kehamilan selain menstruasi yang terlambat. Ada banyak wanita hamil yang mengalami hal ini saat pertama kali masuk ke dapur. Misalnya, jika rasa makanan yang biasanya kamu sukai tiba-tiba membuatmu mual sehingga kamu ingin menghindarinya.
  • Tanda kehamilan dapat termasuk bercak darah kecil
    Munculnya bercak darah ringan atau flek di luar siklus menstruasi adalah tanda positif hamil selanjutnya. Flek atau bercak darah yang keluar sebagai akibat dari implantasi sel telur yang dibuahi ke dalam rahim. Jangan khawatir jika Anda melihat tanda kehamilan ini, karena mereka bukan gejala penyakit tertentu.
  • Mengalami mual dan muntah
    Tanda kehamilan ini sering disebut sebagai hiperemesis gravidarum dalam bahasa kedokteran. Mual, yang paling sering dianggap sebagai tanda awal kehamilan, normal terjadi sampai kehamilan belum menginjak enam minggu. Meskipun sebagian besar wanita hamil tidak mengalaminya, beberapa orang mulai mengalami mual pada awal kehamilan. Ini bisa terjadi pada ibu hamil satu minggu setelah pembuahan atau seminggu sebelum menstruasi berikutnya.
    Tanda-tanda kehamilan ini juga dapat muncul kapan saja, tetapi biasanya muncul di pagi hari. Itu sebabnya kondisi ini sering disebut sebagai sakit pagi.Di awal kehamilan, Anda dapat mengatasi muntah dan mual dengan berbagai cara.
  • Sering mengeluarkan air kecil
    Keinginan untuk selalu buang air kecil mungkin merupakan tanda kehamilan karena perubahan hormon yang terjadi di awal kehamilan yang memengaruhi aliran darah ke ginjal. Ketika tanda kehamilan ini muncul, kandung kemih akan terisi lebih cepat, yang mengakibatkan buang air kecil yang lebih sering. Perasaan sering ini akan terus meningkat seiring perkembangan janin di dalam rahim, yang juga menekan kandung kemih sampai melahirkan.
  • Perubahan pada payudara yang mungkin merupakan tanda hamil
    Sensitivitas payudara seorang wanita meningkat sampai berkali-kali lipat selama kehamilan, dan perubahan pada payudara, seperti nyeri dan membesar, adalah tanda bahwa dia hamil. Dua atau tiga minggu setelah pembuahan, perubahan hormon akan menyebabkan payudara bengkak dan nyeri saat disentuh.
  • Mudah untuk Lelah
    Tubuh menjadi mudah lelah adalah tanda lain kehamilan yang sering tidak diketahui. Anda juga akan mengantuk lebih cepat dari biasanya. Sekali lagi, diperkirakan penyebabnya adalah peningkatan progesteron. Karena kelelahan tubuh sama dengan gejala penyakit ringan seperti flu, kebanyakan wanita tidak menyadari tanda kehamilan ini.
  • Kram perut
    Karena waktunya yang hampir sama, banyak wanita salah menganggap kram perut ini sebagai gejala haid yang akan datang. Meskipun demikian, tanda-tanda awal kehamilan menunjukkan bahwa telur yang dibuahi mulai bergerak dan menanamkan diri pada rahim. Implantasi dilakukan antara 8–10 hari setelah ovulasi, atau sekitar 4–6 hari sebelum menstruasi berikutnya.
  • Keputihan unik
    Keputihan, yang mungkin terjadi di awal kehamilan, adalah tanda kehamilan. Ini disebabkan oleh fakta bahwa serviks membuat sumbatan lendir untuk mencegah pembukaan serviks dan membantu melindungi bayi dari infeksi. Sekresi vagina mungkin meningkat selama transisi ini. Keputihan mungkin tidak memiliki bau yang sama seperti biasanya. Tapi penciuman wanita menjadi lebih peka terhadap bau karena beberapa alasan. Oleh karena itu, bau flek adalah salah satu gejala kehamilan.

 

Jika Anda membutuhkan bantuan seputar program hamil, mengatasi infertilitas, dan program bayi tabung, Anda bisa kunjungi Signum Fertility Clinic untuk mendapatkan pelayanan yang Anda butuhkan.

Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami di:

081336865595

Atau kunjungi langsung Signum Fertility Clinic di Jl. Mayjen Prof. Dr. Moestopo No.31-35, Pacar Keling, Kec. Tambaksari, Surabaya


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Copyright by SignumFertility 2021. All rights reserved.