fbpx
Senin - Jumat08:00-14:00Sabtu08:00-13:00Call us 081336865595

Apa Itu Histerosalpingografi

March 16, 2024 by admin0
artikel-2024-03-16T122048.772.png

Histerosalpingografi (HSG) adalah pemeriksaan yang menggunakan sinar-X untuk melihat kondisi rahim dan area di sekitarnya. Pemeriksaan ini biasanya dilakukan pada wanita yang mengalami masalah kesuburan atau keguguran berulang.

Istilah lain untuk histerosalpingografi adalah hidrotubasi dan uterosalpingografi. Untuk menghasilkan gambar yang lebih jelas, HSG menggunakan bahan pewarna kontras pada pemeriksaan foto Rontgen. Gambar ini menunjukkan masalah yang terjadi di rahim dan saluran telur, juga dikenal sebagai tuba falopi.

 

Apa Saja Indikasi Histerosalpingografi

Wanita dengan kondisi berikut disarankan untuk menjalani prosedur histerosalpingografi (HSG) sebagai bagian dari perawatan kehamilan:

  • Infertilitas dapat terjadi karena penyumbatan tuba falopi, jaringan parut di rahim, bentuk rahim yang tidak normal, tumor, atau polip di rahim.
  • Penyumbatan tuba falopi dapat terjadi karena infeksi atau karena implantasi kontrasepsi non-operasi yang bersifat permanen.
  • Gangguan lain pada rahim yang dapat menyebabkan keguguran berulang atau gejala menstruasi parah, seperti bentuk rahim yang tidak normal, cedera, miom, atau benda asing dalam rahim

Dokter juga dapat melakukan HSG untuk memastikan operasi pelepasan ligasi tuba (tubektomi) berjalan lancar untuk wanita yang ingin memiliki anak lagi.

 

Apa Saja Peringatan Histerosalpingografi

Pemeriksaan HSG dilakukan sekitar 2 hingga 5 hari pascamenstruasi atau sebelum ovulasi bulan berikutnya untuk memastikan bahwa pasien tidak hamil. Pasien juga harus berkonsultasi dengan dokter apabila:

  • Mengalami perdarahan dari vagina atau penyakit radang panggul
  • Jika Anda alergi terhadap beberapa bahan, terutama yang mengandung iodin
  • Pernah mengonsumsi obat pengencer darah atau mengalami gangguan perdarahan
  • Penyakit menular seksual yang tidak diobati

Karena bahan pewarna yang digunakan dalam HSG berisiko memperparah kerusakan ginjal, Anda mungkin memiliki penyakit ginjal atau diabetes sebelumnya.

Pasien sebaiknya diantar atau ditemani oleh orang terdekatnya selama prosedur histerosalpingografi karena prosedur ini biasanya menyebabkan rasa sakit yang ringan dan ketidaknyamanan.

 

Jika Anda membutuhkan bantuan seputar program hamil, mengatasi infertilitas, dan program bayi tabung, Anda bisa kunjungi Signum Fertility Clinic untuk mendapatkan pelayanan yang Anda butuhkan.

Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami di:

081336865595

Atau kunjungi langsung Signum Fertility Clinic di Jl. Mayjen Prof. Dr. Moestopo No.31-35, Pacar Keling, Kec. Tambaksari, Surabaya


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Copyright by SignumFertility 2021. All rights reserved.