fbpx
Senin - Jumat08:00-14:00Sabtu08:00-13:00Call us 081336865595

Anovulasi, Apakah Itu?

March 1, 2024 by admin0
artikel-2024-03-01T143914.116.png

Ketika seorang wanita tidak mengalami ovulasi, yang biasanya terjadi setiap bulan, ini disebut anovulation. Sel telur akan keluar dari rahim jika tidak dibuahi oleh sperma, menyebabkan menstruasi. Ketika sel telur tidak matang dan tidak dilepaskan oleh indung telur (ovarium), ini terjadi. Salah satu penyebab infertilitas wanita adalah gangguan ovulasi atau ovulasi.

Ini karena jika tidak ada sel telur yang dilepaskan untuk dibuahi oleh sperma, wanita tidak dapat hamil. Karena itu, penting bagi pasangan yang ingin hamil untuk mengetahui masa subur dan ovulasi wanita. Wanita yang berusia produktif biasanya tidak memiliki menstruasi.

 

Kenapa Anovulasi Bisa Terjadi

Tidak adanya ovulasi dapat disebabkan oleh banyak hal, dan kadang-kadang kondisi ini permanen. Karena ovulasi adalah proses alami tubuh yang rumit, Anda harus tahu apa yang menyebabkan anovulasi.

Berikut penyebab Anovulasi:

  • Obesitas dan berat badan rendah
    Kelebihan berat badan dan berat badan rendah juga dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon, yang berdampak pada proses ovulasi. Selain itu, sel lemak pada wanita obesitas dapat memengaruhi fungsi ovarium dan sistem reproduksi lainnya. Tubuh mungkin tidak dapat melepaskan sel telur dalam situasi seperti ini.
    Wanita kelebihan berat badan dan berat badan rendah juga dapat menyebabkan anovulasi. Jika berat badan kurang, produksi hormon Luteinizing Hormone (LH) dan Follicle-Stimulating Hormone (FSH) dapat berkurang.
  • Stress
    Stres memang menjadi salah satu penyebab masalah kesehatan, seperti gangguan ovulasi. Stres berlebihan dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon LH, FSH, dan GnRH, yang berdampak pada kesuburan. Gangguan ovulasi ini juga dapat terjadi pada wanita, selain beberapa alasan di atas.
  • Sindrom ovarium polikistik, juga dikenal sebagai PCOS
    Sindrom ovarium polikistik, atau PCOS, adalah ketidakseimbangan hormon di mana wanita mengalami kelebihan hormon androgen (hormon laki-laki), yang dapat menyebabkan resistensi insulin. Wanita ini mungkin mengalami kesulitan mematangkan sel telur karena ketidakseimbangan hormonal. Ovarium akan menyimpan sel telur yang tidak dapat dilepaskan.

 

Seperti Apa Gejala Anovulasi

Wanita yang memiliki siklus haid yang tidak teratur adalah salah satu gejala umum gangguan anovulasi. Misalnya, jadwal haid Anda mungkin lebih cepat, lebih lama, atau lebih jarang terjadi daripada yang diharapkan. Meskipun demikian, karena kondisi setiap orang berbeda, tidak selalu terjadi pada setiap orang. Salah satu gejala anovulasi adalah siklus haid yang kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari.

Namun, dalam beberapa kasus, wanita dengan siklus menstruasi normal, yang berkisar antara 21 dan 35 hari, juga dapat mengalami gejala lainnya. Siklus masing-masing bulan berbeda-beda, namun.

Volume darah yang lebih tinggi, yaitu lebih dari 80 mililiter atau bahkan kurang dari 20 mililiter, merupakan gejala tambahan. Tidak ada peningkatan suhu basal pada tubuh saat istirahat, dan lendir serviks tidak keluar dari vagina baik sebelum maupun selama ovulasi. Dalam situasi yang lebih parah, seorang wanita mungkin sama sekali tidak mengalami menstruasi.

 

Apakah Benar Anovulasi Menyebabkan Masalah Kesuburan

Banyak wanita tidak menyadari bahwa anovulasi dapat menyebabkan masalah kesuburan. Jika indung telur tidak melepaskan sel telur, sperma tidak dapat membuahinya, sehingga tidak terjadi pembuahan. Kehamilan sendiri terjadi ketika sperma dapat membuahi sel telur. Jika sperma tidak dapat membuahi sel telur, kehamilan tidak terjadi.

Jika ada gangguan hormonal, sel telur tidak dapat matang, yang dapat mengganggu fungsi hormon reproduksi lainnya. Menstruasi tidak terjadi karena kondisi ini. Anovulasi yang tidak teratur menunjukkan ketidakseimbangan hormon pada tubuh Anda.

 

Jika Anda membutuhkan bantuan seputar program hamil, mengatasi infertilitas, dan program bayi tabung, Anda bisa kunjungi Signum Fertility Clinic untuk mendapatkan pelayanan yang Anda butuhkan.

Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami di:

  • 081336865595

Atau kunjungi langsung Signum Fertility Clinic di Jl. Mayjen Prof. Dr. Moestopo No.31-35, Pacar Keling, Kec. Tambaksari, Surabaya


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Copyright by SignumFertility 2021. All rights reserved.