fbpx
Senin - Jumat08:00-14:00Sabtu08:00-13:00Call us 081336865595

Bumil Harus Tahu, Ternyata Vitamin B6 Bermanfaat Bagi Ibu Hamil

January 19, 2024 by admin0
artikel-2024-01-19T112659.366.png

Vitamin B kompleks mengacu pada delapan bentuk vitamin B yang berbeda. Vitamin B6, salah satu dari delapan jenis vitamin B, berperan penting bagi kesehatan ibu hamil dan janinnya. Mari pelajari lebih lanjut tentang vitamin B6 dan manfaatnya bagi ibu hamil.

Vitamin B6 merupakan salah satu vitamin yang larut dalam air. Vitamin B6 membantu mengubah protein menjadi asam amino dan mencerna karbohidrat dan lemak, memungkinkan tubuh mendapatkan nutrisi dan energi.

Vitamin B6 juga penting untuk sintesis sel darah merah serta fungsi otak dan saraf. Vitamin B6 bermanfaat untuk produksi organ tubuh ibu hamil serta tumbuh kembang janin, mengurangi anemia saat hamil dan meningkatkan energi.

 

Apa Saja Manfaat Vitamin B6 Bagi Bumil

  • Meredakan rasa mual
    Vitamin B6 dapat membantu ibu hamil yang mengalami mual di pagi hari dengan meredakan rasa mual. Ibu hamil sering merasa mual dan muntah. Masalah ini paling sering terjadi pada trimester pertama, meski ibu hamil di pertengahan trimester kedua atau ketiga mungkin juga merasakannya.
  • Mempromosikan perkembangan otak dan saraf janin
    Vitamin B6 tidak hanya baik untuk kesehatan ibu hamil, tetapi juga membantu pembentukan dan perkembangan saraf dan otak janin. Dengan asupan vitamin B6 yang cukup, janin dapat tumbuh dan berkembang secara normal sehingga mengurangi risiko kelainan tumbuh kembang.
  • Mencegah preeklampsia
    Kekurangan vitamin dan mineral, termasuk kalsium, zinc, vitamin B6, vitamin C, dan vitamin E, dapat meningkatkan risiko preeklampsia pada ibu hamil. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu memenuhi kebutuhan vitamin B6 Anda untuk menghindari hal ini dan secara tidak langsung berkontribusi pada pencegahan kelahiran prematur. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengidentifikasi peran vitamin B6 dalam mencegah preeklamsia.
  • Mencegah janin memiliki berat badan lahir rendah
    Berat badan lahir rendah (BBLR) adalah bayi baru lahir yang lahir dengan berat badan kurang dari 2500 gram. BBLR merupakan sumber utama komplikasi kesehatan dan kematian pada bayi baru lahir. Malnutrisi, atau kurangnya asupan nutrisi selama kehamilan, seperti protein, karbohidrat, atau vitamin, terutama vitamin B6, merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan kemungkinan bayi lahir dengan berat badan kurang. Wanita hamil harus selalu memenuhi kebutuhan vitamin B6 mereka.
  • Menjaga kadar glukosa darah
    Vitamin B6 diduga mampu menjaga kestabilan kadar gula darah. Vitamin B6 dapat membantu ibu hamil, terutama penderita diabetes gestasional, mengatur dan menghindari kenaikan gula darah.

 

Dari Mana Vitamin B6 Bisa Diperoleh

Ibu hamil membutuhkan sekitar 1,8-2 mg vitamin B6 setiap harinya. Namun, ibu hamil dengan gejala tertentu, seperti sakit berulang atau berat badan rendah, mungkin memerlukan konsumsi vitamin B6 lebih banyak.

Vitamin B6 dapat ditemukan secara alami dalam makanan berikut:

  • Biji-bijian, seperti bunga matahari, wijen, dan biji rami.
  • Kacang-kacangan, termasuk kacang tanah, kedelai, buncis, dan kacang mete
  • Ikan, daging, dan hati sapi.
  • Buah-buahan termasuk pisang, labu, plum, semangka, dan alpukat.
  • Sayurannya antara lain daun kelor, bayam, kentang, dan bawang bombay.

Selain makanan yang disebutkan di atas, mengonsumsi propolis dapat memberikan vitamin B6. Wanita hamil juga bisa mendapatkannya melalui suplemen. Dokter sering kali merekomendasikan pil vitamin B6 jika wanita hamil mengalami mual parah atau kesulitan memenuhi kebutuhan vitamin B6 melalui makan.

 

Jika Anda membutuhkan bantuan seputar program hamil, mengatasi infertilitas, dan program bayi tabung, Anda bisa kunjungi Signum Fertility Clinic untuk mendapatkan pelayanan yang Anda butuhkan.

Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami di:

  • 081336865595

Atau kunjungi langsung Signum Fertility Clinic di Jl. Mayjen Prof. Dr. Moestopo No.31-35, Pacar Keling, Kec. Tambaksari, Surabaya


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Copyright by SignumFertility 2021. All rights reserved.