fbpx
Senin - Jumat08:00-14:00Sabtu08:00-13:00Call us 081336865595

Bumil Sering Menghasilkan Air Liur Berlebihan? Ini Cara Mengatasinya!

January 18, 2024 by admin0
artikel-2024-01-18T153125.061.png

Air liur berlebihan merupakan keluhan yang mungkin terjadi selama kehamilan, selain mual dan muntah. Hal ini memang menimbulkan rasa tidak nyaman, namun ada banyak hal sederhana yang bisa dilakukan ibu hamil untuk meringankannya.

Beberapa ibu hamil mungkin mengeluhkan peningkatan produksi air liur selama trimester pertama, yang menyebabkan mereka sering meludah. Hal ini terkait dengan penyakit saat hamil yang menyebabkan ibu hamil lebih jarang menelan sehingga menyebabkan penumpukan air liur di mulut.

Selain itu, perubahan hormonal, refluks asam lambung, dan infeksi atau peradangan pada gigi, gusi, dan mulut juga dapat menyebabkan peningkatan air liur selama kehamilan.

 

Bagaimana Cara Mengatasi Air Liur Berlebihan Bagi Ibu Hamil

  • Meludah
    Langkah pertama yang bisa dilakukan Bumil untuk meminimalisir kelebihan air liur adalah dengan meludah atau mengeluarkannya dengan tisu. Jika hal ini tidak dapat dilakukan, misalnya saat ibu hamil sedang menggunakan angkutan umum, ia mungkin akan menelan ludahnya. Namun, jangan lakukan hal ini jika ibu hamil mengalami rasa mual.
  • Menjaga kesehatan gigi dan mulut
    Sikat gigi setidaknya dua kali sehari untuk menjaga kesehatan mulut. Hal ini membantu mengurangi risiko radang gusi, sakit gigi, dan ketidaknyamanan mulut, yang semuanya dapat menyebabkan kelebihan air liur.
  • Berkumurlah dengan obat kumur
    Selain membersihkan gigi dua kali sehari, ibu hamil juga bisa mencuci gigi kapan pun dirasa tidak nyaman akibat produksi air liur yang berlebihan. Setelah menyikat gigi, bilas mulut Anda dengan obat kumur, sebaiknya yang tidak mengandung alkohol.
  • Mengunyah permen karet
    Mengunyah permen karet tidak mengatasi kelebihan air liur, meski bisa membantu meredakannya. Pilihlah permen karet yang rendah gula atau memiliki rasa mint. Selain mengunyah permen karet, ibu hamil juga bisa menyedot es batu untuk meminimalisir air liur di mulutnya.
  • Minum obat
    Air liur berlebihan selama kehamilan dapat diatasi dengan pengobatan. Namun, beberapa obat yang mungkin membantu menurunkan produksi air liur memiliki efek buruk seperti sembelit, mulut kering, dan gangguan penglihatan. Wanita hamil sebaiknya mengunjungi dokter sebelum meminum beberapa obat untuk menjamin keamanannya.

 

Jika Anda membutuhkan bantuan seputar program hamil, mengatasi infertilitas, dan program bayi tabung, Anda bisa kunjungi Signum Fertility Clinic untuk mendapatkan pelayanan yang Anda butuhkan.

Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami di:

  • 081336865595

Atau kunjungi langsung Signum Fertility Clinic di Jl. Mayjen Prof. Dr. Moestopo No.31-35, Pacar Keling, Kec. Tambaksari, Surabaya


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Copyright by SignumFertility 2021. All rights reserved.