fbpx
Senin - Jumat08:00-14:00Sabtu08:00-13:00Call us 081336865595

Kenapa Ibu Hamil Muda dapat Mengalami Sakit Pinggang

December 4, 2023 by admin0
artikel-2023-12-04T112416.071.png

Pernahkah Anda mengalami rasa tidak nyaman pada pinggang saat hamil? Kondisi ini tentunya sangat meresahkan bagi ibu hamil. Selain itu, ketidaknyamanan pinggang dapat terjadi dalam situasi apa pun. Ini merupakan salah satu keluhan yang umum dialami oleh ibu hamil. Banyak keadaan, mulai dari masalah hormon hingga alasan psikologis, yang dapat menyebabkan wanita hamil muda mengalami ketidaknyamanan pinggang. Banyak ibu hamil yang mencari terapi untuk mengatasinya. Namun, banyak orang memilih strategi pengobatan yang salah karena tidak mengetahui penyebabnya.

 

Kenapa Sakit Pinggan pada Ibu Hamil Muda bisa Terjadi

Wanita hamil biasanya merasakan ketidaknyamanan pada pinggang saat perutnya membesar, biasanya kondisi ini terjadi pada trimester ketiga kehamilannya. Namun, bukan berarti ibu hamil tidak mengalami masalah ini. Ketidaknyamanan pinggang timbul pada sendi sakroiliaka, yang menghubungkan panggul dengan tulang belakang.

Berikut beberapa kemungkinan penyebab ketidaknyamanan pinggang saat awal kehamilan:

  • Perubahan hormon
    Hormon sering kali berubah selama kehamilan sehingga menyebabkan ibu hamil merasakan ketidaknyamanan pada pinggang. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa hormon relaksin yang dikeluarkan tubuh dapat menyebabkan ligamen dan struktur yang terhubung dengan tulang panggul meregang.
  • Bertambah berat badan
    Pertambahan berat badan selama kehamilan mungkin berkisar antara 10 dan 15 kg. Penyakit ini memaksa tulang belakang untuk menahan beban tubuh yang semakin meningkat, sehingga menyebabkan ketidaknyamanan pada pinggang.
  • Stress
    Alasan lain Ibu hamil menderita sakit pinggang adalah karena stres. Ibu hamil umumnya mengalami stres akibat perubahan hormonal. Perubahan hormonal biasa terjadi selama kehamilan. Emosi dan perasaan bisa berubah.
  • Perubahan postur tubuh
    Perubahan postur tubuh bisa terjadi saat hamil. Penyakit ini bisa menyebabkan tubuh menjadi kaku hingga pinggang menjadi tidak nyaman. Posisi berdiri dan duduk wajib diperhatikan saat hamil. Pasalnya, postur tubuh yang buruk dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada pinggang. Berdiri atau duduk dalam waktu lama juga dapat menyebabkan ketidaknyamanan pinggang.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Copyright by SignumFertility 2021. All rights reserved.