fbpx
Senin - Jumat08:00-14:00Sabtu08:00-13:00Call us 081336865595

Normalkah Jika Perut Ibu Hamil Mengecil di Pagi Hari?

February 22, 2022 by admin0
signum15.jpg

Saat hamil, perut akan membesar sesuai dengan perkembangan dari Janin.Meski begitu, ada beberapa ibu hamil yang merasa perut tampak menyusut atau mengecil. Biasanya, kondisi ini terjadi di pagi hari saat baru bangun tidur. Apa penyebabnya?

Penyebab perut mengecil di pagi hari saat hamil

Perut ibu hamil sebenarnya tidak bisa mengembang maupun mengempis hanya pada waktu-waktu tertentu. Sebab, sepanjang masa kehamilan rahim justru akan terus membesar untuk memfasilitasi ruang tumbuh kembang bayi.Akan tetapi, ada beberapa hal yang bisa membuat ukuran perut ibu hamil berubah seakan mengecil di pagi hari. 

1. Otot perut mengencang

Otot perut yang kuat dan mengencang di pagi hari bisa menahan perkembangan rahim. Sehingga, hal ini membuat perut ibu hamil tidak selalu tampak menonjol. Sebagian besar ahli pun setuju bahwa tonjolan pada perut ibu hamil yang membesar di malam hari ini berkaitan dengan otot-otot perut yang rileks sepanjang hari.

2. Perut belum diisi apa pun

Ketika perut ibu hamil mengecil saat bangun tidur, ini bukan berarti janin semakin mengecil, mungkin hanya karena perut kosong. Saat makan dan minum sepanjang hari akan mengisi perut dan penampilan perut hamil akan tampak lebih besar.

3. Posisi bayi berubah

gerakan bayi bisa membuat saat hamil bangun tidur perut terasa kecil.Beberapa ibu sudah dapat merasakan bayinya bergerak dalam kandungan pada minggu ke 13-16 kehamilan. Gerakan bayi ini disebut dengan quickening yang sering digambarkan seperti ada debaran dari dalam perut.

Kapan harus konsultasi ke dokter jika perut ibu hamil mengecil saat bangun tidur?

Perut yang mengecil saat hamil barulah menjadi alarm dan wajib diwaspadai apabila dari hari ke hari justru makin kempes. Segeralah konsultasikan masalah ini ke dokter.Perut ibu hamil yang malah terus menyusut dan tidak kembali membesar dapat menandakan:
  • Perkembangan janin terhambat alias intrauterine growth restriction (IUGR). IUGR adalah komplikasi kehamilan yang perlu mendapatkan penanganan medis sesegera mungkin.
  • Cairan ketuban berkurang drastis (oligohidramnion). Cairan ketuban yang berkurang drastis dapat mengakibatkan posisi bayi menjadi sungsang karena ia tidak bisa berputar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Copyright by SignumFertility 2021. All rights reserved.