fbpx
Senin - Jumat08:00-14:00Sabtu08:00-13:00Call us 081336865595

Beberapa Faktor Penyebab Bayi Sungsang,Bunda Wajib Tahu!

November 25, 2021 by admin0
istockphoto-531926863-170667a-e1637808456949.jpg

Normalnya, saat kehamilan memasuki trimester akhir kepala bayi akan berada pada posisi terendah dekat panggul, dan bersiap memasuki jalan lahir. Namun, posisi bayi bisa saja salah dan berada di atas, sedangkan pantat atau kakinya berada di bawah dekat jalan lahir. Kondisi ini disebut posisi bayi sungsang atau kehamilan sungsang.Bayi sungsang tidak menutup kemungkinan untuk dilahirkan secara normal. Namun, pada beberapa kasus, ibu yang hamil bayi sungsang akan lebih dianjurkan untuk menjalani operasi caesar.

Penyebab bayi sungsang

1.Letak Plasenta

Normalnya, plasenta memang berada di bagian bawah rahim pada awal masa kehamilan, namun seiring pertambahan usia kehamilan dan perkembangan rahim, plasenta akan bergerak ke atas.Plasenta yang letaknya menutupi rongga panggul dapat membuat kepala bayi jadi sulit untuk masuk ke arah jalan lahir

2.Jumlah Air Ketuban

Jika air ketuban terlalu banyak, bayi jadi terlalu sering berubah posisi,bayi dapat bergerak leluasa dalam rahim walaupun ukuran tubuhnya sudah cukup besar. sedangkan air ketuban yang terlalu sedikit juga bisa membuat bayi sulit bergerak di dalam kandungan.

3.Panggul Terlalu Sempit

ukuran panggul yang sempit dapat membuat kepala bayi sulit memasuki jalan lahir. Jadi saat ia bergerak, posisinya akan kembali berputar dengan bokong berada di bawah.

4.Hamil Kembar

mengandung bayi kembar akan meninggikan risiko sungsang. Hal ini dikarenakan ruang gerak bayi terbatas karena kehadiran dua atau lebih bayi sekaligus. Sehingga bayi lebih sulit untuk bergerak.

5.Mioma

Bayi sungsang juga dapat disebabkan oleh mioma. Mioma adalah tumor jinak pada dinding rahim. Letak tumor pada rahim dapat menghambat pergerakan bayi di dalam rahim.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Copyright by SignumFertility 2021. All rights reserved.