fbpx
Senin - Jumat08:00-14:00Sabtu08:00-13:00Call us 081336865595

Cara Menjaga Kehamilan di Usia Lanjut

December 24, 2021 by admin0
signum20.jpg

Bukan tak mungkin hamil di usia 40 tahun,tetapi Kehamilan yang terjadi pada usia lebih dari 40 tahun atau kehamilan geriatri terkenal sangat berisiko dan butuh perhatian khusus.Risiko bayi keguguran pada ibu hamil usia lebih dari 40 tahun, kemungkinannya bisa mencapai 70 persen.

Meskipun begitu Anda tetap memungkinkan untuk menjalani kehamilan dan melahirkan anak secara sehat walau usia sudah berkepala empat.Berikut cara atau tips menjaga kehamilan di usia 40 tahun ke atas agar tetap sehat.

Melakukan pemeriksaan kehamilan rutin 

Pemeriksaan kehamilan rutin atau antenatal care (ANC) adalah pemeriksaan kehamilan untuk mengoptimalkan kesehatan mental dan fisik ibu hamil.Ini bertujuan agar ibu hamil mampu menghadapi persalinan, masa nifas, pemberian ASI eksklusif, dan mengembalikan kesehatan reproduksinya dengan baik.Kunjungan ini juga membantu memantau kesehatan Moms dan tumbuh kembang janin di dalam kandungan.Beritahu dokter ketika mengalami suatu keluhan saat kehamilan.

Pola Hidup yang Sehat

Kesehatan diri ibu secara keseluruhan merupakan salah satu kunci kesehatan janin. Oleh karena itu, selain menjaga kesehatan kandungan, ibu juga perlu menjaga kesehatan diri. Caranya dengan istirahat yang cukup,olahraga yang rutin,dan Makan makanan yang bergizi.Hindari berbagai pola hidup tak sehat seperti kebiasaan merokok dan minum alkohol, termasuk juga suami dan keluarga Anda.

Melakukan vaksin 

Idealnya, vaksinasi harus didapatkan sebelum Anda mulai merencanakan kehamilan. Pasalnya, kondisi hamil membuat sistem kekebalan tubuh cenderung menurun sehingga rentan terkena berbagai penyakit menular.

Ada 5 vaksin wajib yang idealnya ibu lakukan, seperti:

  • hepatitis B,
  • tetanus/diphtheria/pertussis (Tdap),
  • MMR,
  • varisela, dan
  • vaksin kanker serviks

Minum Suplemen Kehamilan

Pemenuhan nutrisi ini tak hanya bisa didapat dari makanan, tetapi juga dari suplemen kehamilan. Suplemen tambahan ini biasanya mengandung asam folat, zat besi, dan kalsium.Asam folat, atau vitamin B9, adalah salah satu nutrisi penting yang dapat membantu pertumbuhan janin dan melindungi dari risiko cacat lahir pada bayi.Terlebih bagi ibu yang memutuskan untuk hamil di usia 40 tahun, asupan asam folat sangatlah penting.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Copyright by SignumFertility 2021. All rights reserved.