fbpx
Senin - Jumat08:00-14:00Sabtu08:00-13:00Call us 081336865595

Kanker Rahim: Penyebab,Gejala dan Pengobatannya

December 21, 2021 by admin0
signum2.jpg

Kanker uterus atau kanker rahim merupakan tumor ganas yang tumbuh di rahim. Rata-rata Kanker rahim paling sering terjadi pada wanita yang telah memasuki masa menopause atau berusia 50 tahun ke atas.

Kanker rahim awalnya akan menyerang lapisan rahim.Namun, sifat kanker yang mampu menyebar atau dikenal dengan metastasis, membuat kanker rahim juga dapat menyebar ke bagian lain dari rahim, seperti organ rahim, dinding rahim, dan sekitarnya.

Gejala Kanker Rahim

Pendarahan Abnormal

Gejala yang paling sering terjadi pada penderita uterine cancer atau kanker rahim adalah perdarahan tidak normal melalui vagina yang terjadi di luar siklus menstruasi atau setelah menpause

Nyeri Panggul

Nyeri panggul juga bisa menjadi gejala kanker rahim.Gejala ini biasanya disertai dengan munculnya rasa sakit pada perut bagian bawah pusar yang datang sewaktu-waktu, tetapi kadang muncul cukup kuat pada saat setelah melakukan aktivitas seks. Pada wanita usia subur, rasa nyeri bisa semakin kuat pada saat menstruasi datang.

Nyeri Saat Buang Air Kecil

Meski ini jarang terjadi, nyeri saat buang air kecil juga bisa menjadi tanda kanker rahim. Rasa nyeri ini bisa muncul akibat pertumbuhan sel kanker yang menekan kandung kemih dan saluran kemih.

Penyebab Kanker Rahim

Kanker rahim disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel rahim yang tidak tumbuh dengan semestinya. Sel-sel pada tubuh akan membelah diri dan tumbuh, kemudian mati, dan tergantikan dengan sel yang baru.Namun, saat tidak tumbuh dengan normal sel-sel tersebut bermutasi dan rusak. Sel yang rusak itu akan menumpuk dan membentuk jaringan tumor.Sedangkan untuk penyebab mengapa sel dalam tubuh dapat bermutasi sampai saat ini belum diketahui secara pasti.

Faktor-faktor Yang Meningkatkan Risiko Kanker Rahim

  • Pertambahan usia
  • Mengalami diabetes.
  • Obesitas.
  • Mulai menstruasi terlalu dini atau menopause terlambat.
  • Mengonsumsi obat hormon estrogen tanpa progesteron, atau mengonsumsi obat tertentu, seperti tamoxifen untuk mengobati kanker payudara.
  • Riwayat keluarga

Pengobatan Kanker Rahim

Pengobatan yang paling sering dilakukan untuk mengobati kanker rahim adalah histerektomi atau operasi pengangkatan rahim. Histerektomi bisa dikombinasikan dengan radioterapi dan kemoterapi untuk memaksimalkan pengobatan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Copyright by SignumFertility 2021. All rights reserved.