fbpx
Senin - Jumat08:00-14:00Sabtu08:00-13:00Call us 081336865595

Cara Diagnosis dan Pengobatan Adenomiosis

May 24, 2024 by admin0
artikel-2024-05-24T155928.753.png

Dokter biasanya mendiagnosa adenomiosis berdasarkan gejala dan beberapa tes berikut:

  • Pemeriksaan kesehatan panggul
    Dokter dapat melihat apakah rahim menjadi lebih besar atau lebih menyakitkan selama pemeriksaan panggul.
  • Teknik Ultrasonografi
    Gelombang suara digunakan dalam ultrasonografi transvagina untuk menggambarkan organ panggul. Kadang-kadang, penebalan otot terlihat pada gambar-gambar ini, meningkatkan kemungkinan adenomiosis.
  • Pemindaian resonansi magnetik (MRI)
    Periksaan ini dapat menunjukkan gejala adenomiosis, seperti pembesaran rahim dan penebalan area rahim tertentu.
  • Biopsi
    Setelah histerektomi—sebuah prosedur pembedahan yang mengangkat rahim—biopsi jaringan tidak dapat dilakukan karena jaringan telah tumbuh di dalam dinding rahim.

 

Metode Pengobatan Adenomiosis

Perawatan medis mungkin tidak diperlukan untuk adenomiosis yang ringan. Dokter mungkin merekomendasikan pengobatan berikut jika gejala mengganggu aktivitas sehari-hari dan kualitas hidup:

  • Perawatan di rumah 
    Anda dapat meringankan gejala adenomiosis dengan mandi dengan air hangat dan kompres panas. Anda juga bisa mencoba olahraga, meditasi, atau akupunktur, tetapi metode ini hanya akan membantu dengan sedikit untuk adenomiosis.
  • Anti-inflamasi obat
    Obat anti-inflamasi, seperti ibuprofen, dapat membantu mengurangi aliran darah selama haid dan meredakan kram yang parah. Dokter mungkin menyarankan Anda untuk mengambil obat anti-inflamasi dua hingga tiga hari sebelum menstruasi dan selama menstruasi.
  • Perawatan untuk hormon
    Perawatan hormonal dapat membantu mengontrol estrogen, yang dapat menyebabkan gejala adenomiosis, seperti:

    • Yang sebanding dengan hormon pelepas gonadotropin (GnRH).
    • Kontrasepsi oral yang mirip dengan pil KB
    • Kontrasepsi yang mengandung progestin, seperti yang diberikan dalam bentuk pil, suntikan, atau alat kontrasepsi dalam rahim (IUD).
  • Keluarnya endometrium
    Mengangkat atau menghancurkan endometrium adalah fokus prosedur rawat jalan yang membutuhkan waktu pemulihan yang singkat. Namun, karena adenomiosis sering menyerang otot lebih dalam, prosedur ini mungkin tidak efektif untuk semua orang. Oleh karena itu, ablasi endometrium hanya disarankan untuk wanita yang sudah menopause atau tidak ingin hamil.
  • Embolisasi arteri dalam rahim
    Tujuan dari perawatan ini adalah untuk mencegah arteri tertentu mengirimkan darah ke daera yang bermasalah. Setelah suplai darah berhenti, adenomyoma menyusut. Untuk pengobatan fibroid rahim, prosedur ini biasanya dilakukan.
  • Panduan ultrasound memfokuskan pembuatan ultrasound
    Untuk menghasilkan panas dan menghancurkan jaringan yang dimaksudkan, prosedur ini menggunakan gelombang intensitas tinggi yang difokuskan dengan tepat. Pada saat yang sama, gambar ultrasound secara real-time digunakan untuk memantau panas. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan seberapa efektif pengobatan ini.
  • Histerektomi
    Untuk menyembuhkan adenomiosis sepenuhnya, pasien harus menjalani histerektomi, yang merupakan pengangkatan rahim secara menyeluruh. Hanya dilakukan pada kasus yang sangat parah dan pada wanita yang tidak berencana melahirkan di masa mendatang, karena isterektomi adalah intervensi bedah yang sangat besar.

 

Jika Anda membutuhkan bantuan seputar program hamil, mengatasi infertilitas, dan program bayi tabung, Anda bisa kunjungi Signum Fertility Clinic untuk mendapatkan pelayanan yang Anda butuhkan.

Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami di:

081336865595

Atau kunjungi langsung Signum Fertility Clinic di Jl. Mayjen Prof. Dr. Moestopo No.31-35, Pacar Keling, Kec. Tambaksari, Surabaya


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Copyright by SignumFertility 2021. All rights reserved.