fbpx
Senin - Jumat08:00-14:00Sabtu08:00-13:00Call us 081336865595

Mau Tahu Apa Faktor Kesuburan Wanita? Ini Jawabannya

May 16, 2024 by admin0
artikel-2024-05-16T160733.203.png

Bagi pasangan yang menginginkan keturunan, faktor kesuburan sangat penting. Masalah kesuburan lebih menarik bagi wanita. Faktor kesuburan wanita termasuk kebiasaan sehari-hari dan usia; dengan bertambahnya usia, tingkat kesuburan mereka akan menurun. Tidak hanya usia, tetapi gaya hidup seseorang juga memengaruhi kemungkinan mereka untuk hamil. Ketahui semua faktor yang memengaruhi kesuburan wanita.

 

Macam-macam Faktor Kesuburan Wanita

  • Obesitas atau kegemukan
    Kelebihan berat badan dapat memengaruhi produksi hormon, yang membuatnya sulit untuk hamil. Wanita obesitas di usia 18 tahun dan lebih cenderung mengidap polycystic ovary syndrome (PCOS), yang dapat menyebabkan kesulitan hamil, menurut Thomas Jefferson, spesialis obgyn.
  • Terlalu kurus
    Tidak hanya kegemukan atau obesitas, tetapi terlalu kurus juga tidak baik karena memengaruhi hormon. Tubuh yang terlalu kurus biasanya kekurangan hormon leptin, yang mengontrol rasa lapar dan kenyang, dan juga memengaruhi masa menstruasi.
  • Semakin tua
    Wanita yang sudah mencapai masa menopause, biasanya di usia lima puluh tahun, tidak lagi dapat memproduksi sel telur dan tidak dapat hamil. Namun, karena jumlah sel telur yang diproduksi berkurang beberapa tahun sebelum menopause, seorang wanita akan mengalami gangguan kesuburan. Meskipun tidak ada angka yang pasti kapan kesuburan wanita akan berkurang, sebagian besar dokter berpendapat bahwa peluang kehamilan akan menurun pada wanita di atas 35 tahun.
  • Faktor keturunan
    Periksa usia ibu Anda saat ia mencapai masa menopause. Kemungkinan besar kamu juga jika ia memulainya di usia yang tergolong muda. Jumlah sel telur yang dimiliki memang dipengaruhi oleh faktor genetik.
  • Zat kimia
    Paparan pestisida, polutan, dan zat kimia lainnya dapat menurunkan kesuburan hingga 29%. Zat kimia seperti phthalates, yang ada di produk kecantikan dan pembersih rumah, juga dapat memengaruhi tingkat hormon tubuh.
  • Rokok
    Merokok dapat mengganggu perkembangan janin dan mengurangi kemungkinan kehamilan. Menurut American Society for Reproductive Medicine, merokok bertanggung jawab atas 13% kasus infertilitas. Selain itu, diketahui bahwa merokok mengganggu hormon dan menyebabkan DNA tidak berfungsi pada pria dan wanita.
  • Alkohol
    Konsumsi alkohol dalam jumlah besar, yaitu lebih dari satu minuman per hari, harus diwaspadai. Studi menunjukkan bahwa wanita yang suka meminum alkohol lebih cenderung menjalani terapi kehamilan.
  • Olahraga berat
    Bahkan selama kehamilan, berolahraga secara teratur akan membantu Anda tetap berat badan, kuat, dan berenergi, tetapi jangan terlalu banyak berolahraga karena akan mengganggu proses ovulasi. Terlalu banyak atau terlalu sedikit menstruasi adalah gejala paling umum dari olahraga berat.
  • Gangguan tiroid
    Jika Anda belum hamil, tidak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan tiroid karena gangguan tiroid adalah salah satu faktor kesuburan yang dapat memengaruhi proses ovulasi dan kehamilan.
  • Konsumsi kafein terlalu banyak
    Konsumsi kopi dan minuman berkafein lainnya dapat mengganggu kontraksi otot yang membantu sel telur berpindah dari ovarium ke rahim melalui tuba falopi.

 

Jika Anda membutuhkan bantuan seputar program hamil, mengatasi infertilitas, dan program bayi tabung, Anda bisa kunjungi Signum Fertility Clinic untuk mendapatkan pelayanan yang Anda butuhkan.

Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami di:

081336865595

Atau kunjungi langsung Signum Fertility Clinic di Jl. Mayjen Prof. Dr. Moestopo No.31-35, Pacar Keling, Kec. Tambaksari, Surabaya


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Copyright by SignumFertility 2021. All rights reserved.