fbpx
Senin - Jumat08:00-14:00Sabtu08:00-13:00Call us 081336865595

Persiapan yang Sering Terlewatkan Pasangan yang Ingin Melakukan Promil

January 13, 2024 by admin0
artikel-2024-01-13T111224.159.png

Persiapan kehamilan yang baik dapat meningkatkan peluang pasangan untuk memiliki momongan. Namun, beberapa persiapan kehamilan mungkin masih terabaikan sehingga mengakibatkan program kehamilan tidak berhasil. Saat memulai program hamil, setiap pasangan mungkin pernah mendengar bahwa sebaiknya pola makan sehat, melakukan hubungan intim di masa subur, dan memeriksakan diri ke dokter.

Selain itu, ada berbagai persiapan lain yang perlu dilakukan. Tidak hanya meningkatkan kemungkinan pembuahan. Persiapan prenatal yang baik juga penting untuk memastikan kehamilan yang nyaman dan bayi yang sehat.

 

Apa Saja Persiapannya

  • Telah vaksinasi
    Vaksinasi sebagai salah satu cara mempersiapkan kehamilan menjadi pertimbangan penting. Alasannya adalah berbagai macam penyakit dapat menyerang janin dan ibu hamil. Kuman, virus, atau parasit adalah kemungkinan penyebab penyakit ini. Vaksinasi dan pola hidup bersih dan sehat dapat membantu menghindari berbagai penyakit yang disebabkan oleh infeksi ini.
    Untuk mempersiapkan kehamilan yang sehat, dokter Anda mungkin menyarankan Anda untuk mendapatkan vaksinasi sebelum hamil. Imunisasi tersebut dapat berupa vaksin MMR, vaksin tetanus, vaksin hepatitis A dan B, vaksin HPV, vaksin flu, dan vaksin COVID-19.
  • Kunjungi dokter gigi secara teratur
    Selain menghubungi dokter kandungan, ingatlah untuk rutin memeriksakan diri ke dokter gigi sebagai bagian dari persiapan kehamilan Anda. Hal ini penting karena perubahan hormonal selama kehamilan dapat meningkatkan kerentanan wanita terhadap kerusakan gigi. Selain itu, kelainan pada gigi dan gusi juga dapat berdampak pada kehamilan serta tumbuh kembang janin. Untuk menghindari masalah tersebut, sebaiknya Anda mengunjungi dokter gigi secara rutin jika ingin menjalani program kehamilan.
  • Sering berolahraga
    Penting juga untuk berolahraga secara konsisten, baik sebelum dan selama kehamilan. Olahraga teratur dapat membantu Anda dan pasangan mencapai dan mempertahankan berat badan yang sesuai. Fase ini juga penting untuk meningkatkan kesuburan dan stamina fisik. Jika Anda tidak yakin tentang jenis olahraga yang harus Anda lakukan, bicarakan dengan dokter Anda tentang program kebugaran yang tepat untuk persiapan kehamilan. Biasanya, rutinitas yang disarankan mencakup aktivitas ringan hingga sedang seperti yoga, berjalan kaki, atau bersepeda. Disarankan agar Anda melakukan latihan ini selama 30 menit setiap hari.
  • Persiapkan kondisi mental Anda
    Tidak hanya kebugaran fisik yang penting, persiapan mental sebelum hamil juga penting. Hal ini karena masalah psikologis yang tidak ditangani seperti stres, kekhawatiran, dan iritasi dapat mengubah keseimbangan hormonal tubuh sehingga menurunkan kesuburan dan libido. Oleh karena itu, penting bagi Anda dan pasangan untuk selalu mengelola stres selama persiapan kehamilan, seperti tidur yang cukup, istirahat, atau melakukan aktivitas yang dapat menenangkan pikiran dan emosi, seperti yoga dan meditasi. Jika Anda atau pasangan sedang kesulitan mengatasi kesulitan psikologis, jangan ragu untuk mengunjungi psikolog atau psikiater untuk mendapatkan penanganan yang tepat.
  • Menghitung masa subur wanita
    Untuk mempersiapkan kehamilan secara matang dan matang, seorang wanita harus menentukan masa suburnya dengan tepat, karena pada saat itulah peluang terjadinya pembuahan paling besar. Untuk hamil, seorang wanita harus melakukan hubungan intim tanpa kondom.
    Hal ini diperlukan agar sperma pasangan dapat membuahi sel telur sehingga memungkinkan terjadinya kehamilan. Masa subur seorang wanita berlangsung dua hingga lima hari sebelum ovulasi. Namun masa subur setiap wanita berbeda-beda berdasarkan siklus menstruasi dan konsistensi menstruasi. Selain itu, masa subur juga bisa saja berubah karena faktor lain seperti stres ekstrem atau ketidakseimbangan hormon.

 

Jika Anda membutuhkan bantuan seputar program hamil, mengatasi infertilitas, dan program bayi tabung, Anda bisa kunjungi Signum Fertility Clinic untuk mendapatkan pelayanan yang Anda butuhkan.

Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami di:

  • 081336865595

Atau kunjungi langsung Signum Fertility Clinic di Jl. Mayjen Prof. Dr. Moestopo No.31-35, Pacar Keling, Kec. Tambaksari, Surabaya


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Copyright by SignumFertility 2021. All rights reserved.