fbpx
Senin - Jumat08:00-14:00Sabtu08:00-13:00Call us 081336865595

Maag Saat Hamil, Bagaimana Cara Mengatasinya?

January 6, 2024 by admin0
artikel-2024-01-06T112222.354.png

Sakit maag ditandai dengan rasa perih atau panas pada dada dan ulu hati, serta sensasi rasa asam atau pahit di mulut. Sakit maag bisa terjadi saat hamil akibat perubahan hormonal, perut membesar, atau sebelumnya pernah menderita penyakit asam lambung (GERD).

Sakit maag merupakan masalah yang sering terjadi selama kehamilan, terutama pada trimester ketiga. Sebaliknya, sakit maag yang parah dapat membuat ibu hamil kesulitan makan dan mempersulit penambahan berat badan. Akibatnya, janin bisa saja merasa lapar. Oleh karena itu, ibu hamil harus memahami cara mencegah sakit maag saat hamil.

 

Cara Mencegah Maag saat Hamil

Ada berbagai cara untuk mengurangi sakit maag saat hamil agar ibu hamil bisa makan dan beraktivitas dengan nyaman, antara lain:

  • Makanlah makanan yang menyehatkan
    Tercukupinya kebutuhan nutrisi saat hamil sangatlah penting, salah satunya adalah menghindari sakit maag. Ibu hamil dianjurkan mengonsumsi makanan tinggi serat, protein, vitamin B6, dan antioksidan, seperti sayuran berdaun hijau, buah, dan kacang-kacangan, untuk menghindari sakit maag. Ibu hamil juga sebaiknya menghindari atau membatasi makanan penyebab sakit maag, seperti gorengan, makanan pedas atau asam, makanan berlemak, dan minuman berkafein.
  • Konsumsilah dalam jumlah kecil sesering mungkin
    Kunci menghindari sakit maag saat hamil adalah dengan menghindari terlalu kenyang setelah makan. Oleh karena itu, ibu hamil sebaiknya mengonsumsi makanan secukupnya namun sering, misalnya 5-6 kali sehari. Selain itu, ibu hamil sebaiknya menghindari makan 2-3 jam sebelum tidur untuk menghindari sakit maag saat tidur.
  • Makan sambil duduk
    Duduk sambil makan merupakan kebiasaan yang baik untuk dilakukan jika Anda ingin menghindari sakit maag saat hamil. Duduk tegak saat makan membantu mengurangi tekanan lambung, mencegah naiknya asam lambung. Hindari berbaring minimal 1 jam setelah makan untuk mencegah makanan atau asam lambung naik ke kerongkongan.
  • Minumlah air jahe
    Jahe merupakan bumbu yang dapat membantu mengatasi sakit maag selama kehamilan. Beberapa penelitian menemukan bahwa kandungan anti inflamasi dan antioksidan pada jahe dapat membantu mengelola asam lambung, meredakan mual dan muntah, serta mengurangi rasa sakit akibat mulas saat hamil.
  • Sebaiknya mengkonsumsi yogurt
    Mengonsumsi susu dan produk olahan susu yang mengandung probiotik, seperti yoghurt, dapat membantu menghindari sakit maag saat hamil. Menurut penelitian, yogurt dapat membantu pencernaan makanan. Alhasil, risiko asam lambung naik dan sakit maag pun berkurang.
  • Hindari mengonsumsi minuman berkarbonasi
    Minuman bersoda dapat menyebabkan gas menumpuk di perut sehingga menyebabkan otot-otot esofagus bagian bawah melemah. Akibatnya, mulas bisa terjadi. Alkohol juga harus dihindari selama kehamilan untuk menghindari sakit maag.
  • Tidur dengan kepala terangkat
    Hal selanjutnya yang bisa dilakukan Bumil agar terhindar dari sakit maag adalah dengan meninggikan kepala dan bahu saat tidur. Postur ini mencegah asam lambung naik ke kerongkongan sehingga menurunkan risiko sakit maag. Untuk menghindari sakit maag, sebaiknya ibu hamil tidur miring ke kiri.
  • Hindari penggunaan rokok
    Banyak penelitian telah dilakukan untuk menunjukkan bahaya merokok selama kehamilan, baik Anda perokok aktif maupun pasif. Salah satu risiko merokok adalah memperparah dan menyebabkan sakit maag. Bahan kimia dalam rokok dapat menyebabkan melemahnya otot esofagus sehingga menimbulkan sensasi mulas. Untuk menghindari sakit maag, ibu hamil harus berhenti merokok dan menghindari asap rokok selama hamil.

 

Jika Anda membutuhkan bantuan seputar program hamil, mengatasi infertilitas, dan program bayi tabung, Anda bisa kunjungi Signum Fertility Clinic untuk mendapatkan pelayanan yang Anda butuhkan.

Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami di:

  • 081336865595

Atau kunjungi langsung Signum Fertility Clinic di Jl. Mayjen Prof. Dr. Moestopo No.31-35, Pacar Keling, Kec. Tambaksari, Surabaya


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Copyright by SignumFertility 2021. All rights reserved.