fbpx
Senin - Jumat08:00-14:00Sabtu08:00-13:00Call us 081336865595

Wasir Pada Ibu Hamil, Seperti Apakah Ciri-cirinya?

December 19, 2023 by admin0
artikel-35.png

Meski tidak berbahaya, wasir saat hamil bisa menimbulkan rasa tidak nyaman. Wasir tidak boleh diobati secara terburu-buru saat hamil. Wasir, juga dikenal sebagai wasir, adalah pembesaran pembuluh darah di sekitar anus yang dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dan terkadang nyeri saat buang air besar. Karena meningkatnya ketegangan pada arteri darah di daerah panggul, penyakit ini sangat umum terjadi selama kehamilan.

Penting untuk diingat bahwa penggunaan obat-obatan selama kehamilan harus dilakukan dengan sangat hati-hati dan hanya di bawah pengawasan dokter. Wanita hamil sebaiknya menemui dokter atau bidan sebelum mengonsumsi obat apa pun, termasuk obat bebas atau suplemen herbal.

 

Ciri-ciri Wasir Pada Ibu Hamil

Gejala ambeien (hemoroid) pada ibu hamil dapat berbeda-beda, ada yang ringan dan ada pula yang perlu pengobatan. Gejalanya mencakup:

  • BAB terasa nyeri
    Wasir umumnya ditandai dengan rasa nyeri atau tidak nyaman saat buang air besar. Hal ini mungkin menyebabkan perasaan terbakar atau tertekan.
  • Rasa gatal diarea anus
    Gatal di sekitar anus mungkin disebabkan oleh wasir atau nyeri akibat pembengkakan.
  • Pendarahan
    Buang air besar dapat menyebabkan pendarahan. Setelah membersihkan anus, Anda mungkin melihat darah di toilet, tinja, atau di tisu toilet. Wasir internal seringkali menjadi sumber pendarahan ini.
  • Prolaps Hemoroid
    Wasir dalam atau wasir dalam yang menjuntai atau jatuh di luar anus. Hal ini bisa sangat menyakitkan dan dalam beberapa kasus memerlukan perawatan medis.
  • Bengkak
    Wasir bisa membengkak dan membesar, terutama saat duduk atau berusaha mengejan.
  • Perasaan tidak nyaman
    Ibu mungkin merasakan adanya benda asing atau tonjolan di sekitar anus sehingga menyebabkan rasa tidak nyaman saat duduk atau berjalan.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Copyright by SignumFertility 2021. All rights reserved.