fbpx
Senin - Jumat08:00-14:00Sabtu08:00-13:00Call us 081336865595

Sperma Sehat Seperti Apa ?

February 22, 2023 by admin0
sperm.png

Bagi pria, memiliki sperma sehat merupakan salah satu faktor agar pasangan bisa hamil. sperma dibutuhkan untuk melengkapi terjadinya proses pembuahan. Apabila wanita mempunyai siklus masa subur, maka yang perlu diperhatikan pria adalah sperma atau air mani yang baik, sehat, dan juga subur. Tidak semua pria mempunyai ciri-ciri sperma yang baik atau sehat. Hal ini karena banyak faktor yang memengaruhi kesehatan sperma seperti gaya hidup. Apabila tidak dijaga dengan baik, kondisi ini bisa memicu terjadinya infertilitas pada pria di kemudian hari.

Ciri-ciri Sperma yang Sehat

  • Jumlah Sperma

Jumlah sperma merupakan salah satu hal yang menentukan kualitas serta ciri-ciri sperma yang sehat. Normalnya, sperma yang sehat dan subur biasanya memiliki jumlah di atas 15 juta setiap milimeter semen atau air mani. Dapat dikatakan, air mani yang sehat berarti memiliki jumlah yang cukup, sehingga memiliki peluang besar untuk membuahi sel telur. Jika sperma terlalu sedikit dari angka minimum atau sperma tidak keluar, kemungkinan terjadinya kehamilan pada pasangan juga cenderung rendah.

  • Pergerakan Sperma

Ciri-ciri sperma sehat berikutnya adalah pergerakan atau motilitas sperma. Untuk bisa berhasil membuahi sel telur, sperma harus bisa bergerak dengan cara berenang ke dalam rahim wanita. Normalnya, sperma mampu bergerak lincah dan berenang melalui serviks, uterus, dan tuba falopi untuk mencapai sel telur.

  • Struktur Sperma

ciri sperma yang sehat adalah struktur atau morfologi dari sperma itu sendiri. Pada umumnya, sperma memiliki struktur kepala dengan bantuk oval dan ekor yang panjang jika dilihat melalui mikroskop. Struktur sperma yang lengkap dan sempurna adalah ciri bahwa Anda memiliki sperma dengan kualitas baik. Di samping itu, struktur sperma yang normal juga mendukung kelincahan dan kemampuan untuk berenang di dalam rahim.

  • Likuifaksi sperma

likuifikasi juga bisa dijadikan salah stau cara untuk menentukan kualitas sperma yang baik. Likuifikasi merupakan kemampuan sperma yang berubah dari gel menjadi cairan. Umumnya dalam suhu ruangan, air mani atau sperma dapat mencair dari bentuk kental sekitar 15-20 menit. Sperma yang tidak mencair pada rentang waktu tersebut akan sulit atau tidak dapat berenang menuju sel telur.

  • pH Sperma

mengetahui kadar pH juga bisa menjadi tolak ukur dari sperma yang sehat dan juga subur. Sperma berkualitas baik umumnya memiliki kadar pH sekitar 7,2-7,8 alias basa. Kadar pH air mani yang rendah dapat mengindikasikan infeksi pada kesehatan organ pria.

  • Jumlah Air Mani saat Ejakulasi

Jumlah semen atau air mani yang diproduksi saat sedang ejakulasi rupanya juga menjadi ciri sperma yang sehat. Sperma dibilang subur jika pria mampu menghasilkan sekitar 2-5 ml semen dalam satu kali ejakulasi. jika air mani yang keluar di bawah jumlah normal, besar kemungkinan bahwa Anda memiliki masalah kesehatan pada kelenjar prostatnya. Akan tetapi, kelebihan jumlah sperma juga dapat menandakan konsentrasi sperma yang terlalu cair.

Cara Menjaga Sperma Tetap Sehat

Berikut cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kualitas serta mendapatkan sperma yang sehat:

  • Hindari Alkohol dan Rokok
  • Diet Sehat
  • Kelolah Stress
  • Olah raga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Copyright by SignumFertility 2021. All rights reserved.