fbpx
Senin - Jumat08:00-14:00Sabtu08:00-13:00Call us 081336865595

makanan penguat kandungan Trimester Awal

March 18, 2022 by admin0
signum37.jpg

Usia kehamilan trimester pertama menjadi fase yang rentan. Berbagai masalah kesehatan bisa terjadi, termasuk keguguran. Memenuhi kebutuhan nutrisi dari ragam makanan penguat kandungan pun jadi penting.

Penting bagi bunda hamil mengetahui pola hidup sehat terutama di trimester pertama. Sebab di waktu ini risiko masalah kesehatan cukup tinggi.

Keguguran saat awal kehamilan bisa disebabkan oleh infeksi, kelainan kromosom, gangguan pembekuan darah, atau masalah pada rahim.

Nah, konsisten makan makanan bergizi seimbang, olahraga yang tepat, menghindari alkohol dan rokok diketahui dapat membantu menguatkan dan mempertahankan kehamilan.

Makanan penguat kandungan untuk trimester pertama

seperti disebutkan sebelumnya, konsumsi makanan dengan nutrisi seimbang menjadi penting untuk bunda hamil di trimester pertama. Selain nutrisi, jangan lupa perhatikan juga faktor kebersihan dan kematangan makanan, ya.

Nah, apa saja ragam makanan penguat kanungan yang baik dikonsumsi saat trimester pertama? Berikut ulasannya:

1. Susu dan produk olahannya

Selama kehamilan, Bunda perlu mengonsumsi protein dan kalsium ekstra untuk memenuhi kebutuhan janin yang sedang tumbuh. Selain susu, produk olahannya yang bisa dipilih termasuk keju dan yoghurt.

Olahan susu mengandung dua jenis protein berkualitas tinggi: kasein dan whey. Selain itu, susu menjadi salah satu sumber kalsium, fosfor, vitamin B, magnesium, dan zinc dalam jumlah tinggi.

Yoghurt, terutama yoghurt Yunani atau Greek yoghurt, mengandung lebih banyak kalsium daripada kebanyakan produk susu lainnya. Ini pun bisa jadi pilihan makanan penguat kandungan yang baik untuk Bunda.

2. Ubi jalar

Dikutip dari Healthline, ubi jalar tidak hanya enak dan mudah diolah, tetapi juga kaya akan beta karoten. Ini merupakan senyawa yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin A diketahui penting untuk perkembangan janin.

3. Salmon

Salmon kaya akan asam lemak omega-3 esensial yang memiliki banyak manfaat bagi bunda hamil. Salah satunya menjadi pilihan makanan penguat kandungan yang baik.

Nutrisi asam lemak omega-3 diketahui ada dalam jumlah tinggi pada seafood, yang bermanfaat untuk membantu perkembangan otak dan mata janin.

4. Telur

Telur juga menjadi salah satu makanan penguat kandungan yang mudah diolah. Asupan ini mengandung hampir semua nutrisi yang dibutuhkan bunda hamil di trimester pertama.

Telur berukuran sedang mengandung sekitar 80 kalori, protein berkualitas tinggi, lemak, serta beragam vitamin dan mineral.

Terdapat kandungan kolin yang diketahui menjadi nutrisi penting bagi bunda hamil. Termasuk untuk perkembangan otak janin dan membantu mencegah kelainan perkembangan tulang belakang.

5. Brokoli dan sayuran berdaun hijau lainnya

Brokoli dan sayuran berdaun hijau, seperti kangkung dan bayam, mengandung begitu banyak nutrisi yang dibutuhkan agar kandungan tetap kuat.

Asupan ini kaya akan kandungan serat, vitamin C, vitamin K, vitamin A, kalsium, zat besi, folat, dan kalium.

6. Daging dan protein tanpa lemak

Daging sapi tanpa lemak dan daging ayam merupakan sumber protein berkualitas tinggi yang sangat baik sebagai makanan penguat kandungan.

Daging juga kaya zat besi, kolin, dan vitamin B, yang diperlukan dalam jumlah yang lebih tinggi selama kehamilan.

Zat besi adalah mineral penting yang digunakan oleh sel darah merah sebagai bagian dari hemoglobin. Nah, Bunda akan membutuhkan lebih banyak zat besi karena volume darah meningkat saat hamil.

Kadar zat besi yang rendah selama awal dan pertengahan kehamilan dapat menyebabkan anemia defisiensi besi, yang kemudian meningkatkan risiko berat badan lahir rendah dan komplikasi lainnya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Copyright by SignumFertility 2021. All rights reserved.