fbpx
Senin - Jumat08:00-14:00Sabtu08:00-13:00Call us 081336865595

Testi Terasa Nyeri? Ini Penyebabnya!

January 11, 2024 by admin0
artikel-2024-01-11T133508.736.png

Testis adalah bagian penting dari sistem reproduksi pria. Pria memiliki dua testis, yang menghasilkan testosteron dan sperma. Testis mempunyai fungsi yang sangat penting sehingga harus dijaga kesehatannya. Mengganggu testis diduga mengganggu produksi hormon sperma dan testosteron.

 

Penyebab Testis Nyeri

Ketidaknyamanan testis dapat menyerang pria dari segala usia. Mungkin rasa tidak nyaman yang Anda alami terjadi pada salah satu sisi testis atau keduanya. Jika rasa tidak nyaman ini terus berlanjut, hal ini mungkin disebabkan oleh beberapa masalah, antara lain:

  • Cedera
    Cedera dapat menyebabkan ketidaknyamanan testis. Testis termasuk organ reproduksi yang paling rentan mengalami kerusakan akibat olahraga atau kecelakaan. Kerusakan ringan pada testis dapat menyebabkan nyeri sementara, yang dapat dihilangkan kapan saja atau dengan menggunakan kompres.
  • Orchitis
    Orchitis juga dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada testis. Orchitis adalah peradangan pada testis. Infeksi bakteri atau virus biasanya menjadi penyebab penyakit ini. Nyeri bisa timbul di kedua sisi testis. Jika Anda menderita orkitis, rasa tidak nyaman mungkin meluas ke seluruh skrotum, yaitu kantung yang mengelilingi testis. Ketidaknyamanan menyebar, dan skrotum menjadi bengkak dan panas. Kulit skrotum sering kali berwarna kemerahan karena bengkak.
  • Varikokel
    Varikokel adalah kemungkinan penyebab ketidaknyamanan testis lainnya bagi Ayah. Varikokel merupakan kelainan yang ditandai dengan pembesaran pembuluh darah pada testis. Kelainan ini menyerupai varises di kaki, di mana pembuluh darah tampak membesar di bawah kulit skrotum. Varikokel mungkin mengganggu kesuburan Anda. Pasalnya, pembengkakan pada testis meningkatkan suhu di lokasi tersebut. Kelainan ini berpotensi mengganggu produksi hormon testosteron dan sperma.
  • Torsi testis
    Torsi testis adalah kelainan di mana testis terpelintir, membatasi aliran darah dan menimbulkan rasa tidak nyaman yang tiba-tiba dan intens. Oleh karena itu, jika Anda mengidap penyakit ini sebaiknya segera mencari pertolongan medis karena cukup berbahaya.
  • Hidrokel
    Penyakit lain yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada testis adalah hidrokel. Hidrokel adalah kelainan di mana cairan atau darah menumpuk pada selaput yang menutupi testis. Selaput ini ditemukan di skrotum, mengelilingi setiap testis.
  • Kanker testis
    Ayah, ternyata testismu juga terancam terkena kanker. Meski jarang terjadi, penyakit ini sering menyerang pria berusia 15 hingga 45 tahun. Gejalanya sering berupa terbentuknya benjolan, pembesaran testis atau skrotum, dan rasa tidak nyaman pada testis, skrotum, dan selangkangan.

 

Jika Anda membutuhkan bantuan seputar program hamil, mengatasi infertilitas, dan program bayi tabung, Anda bisa kunjungi Signum Fertility Clinic untuk mendapatkan pelayanan yang Anda butuhkan.

Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami di:

  • 081336865595

Atau kunjungi langsung Signum Fertility Clinic di Jl. Mayjen Prof. Dr. Moestopo No.31-35, Pacar Keling, Kec. Tambaksari, Surabaya


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Copyright by SignumFertility 2021. All rights reserved.