fbpx
Senin - Jumat08:00-14:00Sabtu08:00-13:00Call us 081336865595

Bumil Berhati-hati, Asam Folat yang Berlebihan Dapat Memberikan Efek Samping Lhoo

January 10, 2024 by admin0
artikel-2024-01-10T112959.740.png

Asam folat dikenal sebagai vitamin yang bermanfaat, terutama bagi ibu hamil. Meski ibu hamil membutuhkan vitamin ini, namun ada berbagai efek buruk asam folat yang bisa timbul jika mengonsumsinya dalam jumlah berlebihan.

Asam folat, sering dikenal sebagai vitamin B9, sangat penting untuk pembentukan sel darah merah dalam tubuh. Selain itu, konsumsi asam folat ibu hamil sangat penting untuk perkembangan otak dan sistem saraf janin.

Wanita hamil yang tidak mendapatkan cukup asam folat lebih mungkin mengalami anemia dan melahirkan prematur. Kekurangan asam folat tidak hanya berdampak pada ibu hamil, tapi juga janin, sehingga menyebabkan berat badan lahir rendah dan kelainan otak bawaan seperti spina bifida dan anencephaly.

Untuk menghindari masalah di atas, ibu hamil sebaiknya memenuhi kebutuhan asam folatnya dengan mengonsumsi makanan kaya asam folat atau mengonsumsi suplemen kehamilan sesuai anjuran dokter. Namun mengonsumsi asam folat terlalu banyak tidak disarankan karena dapat menimbulkan efek buruk.

 

Apa Saja Efek Samping Asam Folat Bagi Bumil dan Janin

Jumlah konsumsi folat yang disarankan untuk ibu hamil adalah sekitar 600 mikrogram (mcg) per hari, sedangkan untuk wanita tidak hamil sebaiknya mengonsumsi hingga 400 mcg per hari. Angka tersebut mencakup konsumsi asam folat dari makanan dan suplemen. Wanita hamil yang mengonsumsi asam folat terlalu banyak atau melebihi jumlah yang ditentukan mungkin mengalami banyak efek samping asam folat, termasuk:

  • Mual
  • Kehilangan selera makan
  • Kembung
  • rasa pahit atau tidak enak di lidah
  • Masalah tidur
  • Pergeseran suasana hati

Mengonsumsi suplemen asam folat saat hamil terkadang dapat memicu alergi, seperti gatal-gatal, ruam kulit, dan sakit perut. Namun, efek buruk asam folat ini cukup jarang terjadi. Selain itu, beberapa penelitian menemukan bahwa kelebihan asam folat selama kehamilan dapat meningkatkan kemungkinan autisme pada bayi. Namun, diperlukan studi lebih lanjut.

 

Jika Anda membutuhkan bantuan seputar program hamil, mengatasi infertilitas, dan program bayi tabung, Anda bisa kunjungi Signum Fertility Clinic untuk mendapatkan pelayanan yang Anda butuhkan.

Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami di:

  • 081336865595

Atau kunjungi langsung Signum Fertility Clinic di Jl. Mayjen Prof. Dr. Moestopo No.31-35, Pacar Keling, Kec. Tambaksari, Surabaya


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Copyright by SignumFertility 2021. All rights reserved.