fbpx
Senin - Jumat08:00-14:00Sabtu08:00-13:00Call us 081336865595

Apa Sih Bedanya Infertilitas Primer dan Sekunder

April 25, 2024 by admin0
artikel-2.png

Ketika pasangan telah berusaha untuk hamil selama satu tahun, tetapi belum berhasil, ini disebut infertilitas primer. Baik pria maupun wanita dapat mengalami kondisi ini karena berbagai alasan. Pada wanita, masalah pada sistem reproduksi, seperti gangguan ovulasi, PCOS, endometriosis, atau penyumbatan saluran tuba, dapat menjadi penyebabnya. Pada pria, kondisi ini biasanya disebabkan oleh jumlah atau kualitas sperma yang buruk.

Pasangan yang mengalami infertilitas sekunder telah berhasil hamil setidaknya satu kali selanjutnya, tetapi mereka menghadapi kesulitan untuk hamil lagi. Dalam kasus lain, infertilitas sekunder dapat menunjukkan perubahan kondisi kesehatan yang terjadi sebelum kehamilan sebelumnya. Faktor-faktor lain yang muncul setelah kehamilan pertama juga dapat menjadi sumbernya. Misalnya, gangguan hormon, kerusakan jaringan reproduksi setelah kelahiran sebelumnya, atau masalah kesehatan yang muncul dengan waktu.

 

Perbedaan Infertilitas Primer dan Sekunder

Ada perbedaan antara infertilitas primer dan sekunder, meskipun keduanya dikaitkan dengan masalah kehamilan:

  • Infetrilitas Primer
    • Pasangan belum pernah memiliki anak, atau mereka belum pernah mencoba untuk hamil.
    • Ketidakmampuan untuk hamil telah berlangsung selama setidaknya satu tahun berusaha.
    • Berbagai masalah pada sistem reproduksi pria dan wanita dapat menjadi penyebabnya, seperti gangguan ovulasi, endometriosis, atau masalah sperma.
    • Diagnosis dan perencanaan perawatan adalah tujuan utama dari pemeriksaan.
  • Infertilitas Sekunder
    • Pasangan itu gagal hamil setidaknya sekali sebelumnya.
    • Setelah pasangan mengalami kehamilan pertama mereka, mereka mungkin mengalami kesulitan hamil lagi, yang dapat disebabkan oleh perubahan kondisi kesehatan mereka atau alasan lain.
    • Faktor-faktor yang muncul setelah kehamilan pertama, seperti kerusakan jaringan reproduksi atau perubahan hormon, dapat menjadi penyebab infertilitas sekunder.
    • Kondisi emosional dapat dipengaruhi oleh infertilitas sekunder karena pasangan mungkin sudah memiliki pengalaman positif dengan kehamilan sebelumnya.
    • Perawatannya berpusat pada penyebab utama, karena diagnosisnya mengacu pada riwayat kehamilan sebelumnya.

 

Jika Anda membutuhkan bantuan seputar program hamil, mengatasi infertilitas, dan program bayi tabung, Anda bisa kunjungi Signum Fertility Clinic untuk mendapatkan pelayanan yang Anda butuhkan.

Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami di:

081336865595

Atau kunjungi langsung Signum Fertility Clinic di Jl. Mayjen Prof. Dr. Moestopo No.31-35, Pacar Keling, Kec. Tambaksari, Surabaya


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Copyright by SignumFertility 2021. All rights reserved.