fbpx
Senin - Jumat08:00-14:00Sabtu08:00-13:00Call us 081336865595

Buah yang Bisa Menghilangkan Rasa Mual pada Ibu Hamil

December 27, 2023 by admin0
artikel-2023-12-27T145839.015.png

Buah selain menyehatkan, bisa membantu ibu hamil mengurangi rasa mual atau mual di pagi hari. Salah satu gejala kehamilan adalah mual yang kadang dikenal dengan istilah mual di pagi hari. Gejala-gejala ini paling umum terjadi pada trimester pertama kehamilan. Mual merupakan keluhan umum yang dialami ibu hamil.

Secara umum, mual di pagi hari merupakan gejala normal yang tidak boleh dianggap serius. Jika gejalanya terjadi secara berlebihan dan disertai hilangnya kesadaran, penyakit ini disebut hiperemesis gravidarum. Kesehatan ibu hamil dan janin dapat terancam oleh hiperemesis gravidarum.

 

Buah untuk Menghilangkan Rasa Mual pada Ibu Hamil

  • Lemon
    Lemon, mirip dengan jeruk, dapat membantu ibu hamil meringankan gejala mual. Menurut penelitian, ibu hamil yang mengonsumsi lemon merasa lebih sedikit sakit.
    Buah yang memiliki kulit kuning cerah dan rasa asam yang nikmat ini kaya akan vitamin C yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Ingatlah bahwa sembelit adalah salah satu penyakit paling umum yang dihadapi ibu hamil.
  • Jeruk
    Jeruk merupakan salah satu jenis buah yang populer di kalangan banyak orang. Buah jeruk cemerlang ini memiliki rasa manis segar yang dapat membantu meringankan gejala mual dan meningkatkan mood.
    Jeruk banyak mengandung vitamin C. Vitamin C memiliki fungsi penting sebagai antioksidan, mencegah kerusakan sel dan membantu tubuh dalam penyerapan zat besi.
  • Apel
    Apel adalah salah satu makanan yang dapat membantu meredakan mual. Buah ini mengandung serat yang dapat membantu ibu hamil mengatasi penyakit. Selain itu, serat dapat melancarkan pencernaan dan membantu tubuh membuang kotoran lebih cepat.
    Apel juga mengandung kalsium yang bermanfaat untuk perkembangan tulang janin pada ibu hamil serta pembentukan sistem kekebalan tubuh yang kuat pada janin.
  • Semangka
    Semangka memiliki beberapa manfaat kesehatan. Kandungan air yang tinggi pada semangka dan rasa manis gula alaminya dapat membantu ibu hamil mengatasi penyakit. Selain itu, antioksidan dan likopen di dalamnya membantu meningkatkan perlindungan tubuh terhadap penyakit.
  • Pisang
    Mual di pagi hari yang diikuti dengan sering muntah dapat membuat tubuh dehidrasi. Hilangnya sejumlah besar cairan tubuh dapat mengganggu fungsi fisiologis.
    Salah satu mineral yang hilang akibat mual dan muntah yang dapat digantikan oleh pisang adalah potasium. Selain itu, buah pisang ini kaya akan serat, vitamin B6, dan vitamin C yang semuanya membantu melancarkan pencernaan.
  • Buah Beri
    Buah beri termasuk stroberi, blackberry, raspberry, dan blueberry juga dapat membantu meredakan mual. Buah ini mengandung nutrisi penting untuk ibu hamil, antara lain asam folat, vitamin C, dan serat.
    Buah beri yang tinggi kandungan airnya dapat membantu mengatasi dehidrasi yang ditandai dengan rasa haus, lelah, bibir kering dan lengket, sakit kepala, dan sering buang air kecil.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Copyright by SignumFertility 2021. All rights reserved.