fbpx
Senin - Jumat08:00-14:00Sabtu08:00-13:00Call us 081336865595

Bagaimana Sih Proses Bayi Tabung Itu?

December 13, 2023 by admin0
artikel-2023-12-13T134633.242.png

Fertilisasi in vitro (IVF), sering dikenal sebagai bayi tabung, adalah salah satu bentuk teknologi reproduksi berbantuan. Perlu Anda ketahui bahwa proses pembuahan terjadi di luar tubuh, yakni di laboratorium. Sperma terbaik kemudian akan dipilih untuk membuahi sel telur. Sel telur yang telah dibuahi menjadi embrio. Embrio ini akan ditanamkan kembali ke dalam rahim calon ibu.

 

Berapa Lama Proses Program Bayi Tabung

Pada dasarnya, IVF adalah operasi yang panjang. Setiap tahapan dilakukan sesuai dengan kondisi pasien. Berikut ini beberapa tahapan program bayi tabung yang harus dilalui oleh ayah dan ibu yang berniat promil:

  • Pemeriksaan
    Pada hari kedua menstruasi, dilakukan USG untuk menghitung jumlah sel telur ibu. Pada hari kedua menstruasi berikutnya, dilakukan USG, tes darah, atau histeroskopi diagnostik.
  • Penyuntikan obat pembesar sel telur
    Pada hari kedua menstruasi, dilakukan USG untuk menghitung jumlah sel telur ibu. Pada hari kedua menstruasi berikutnya, dilakukan USG, tes darah, atau histeroskopi diagnostik.
  • Serial control
    Obat anti pecah akan diberikan bila ukuran sel telur minimal 13 mm.
  • Pengambilan sel telur
    Proses pemulihan sel telur yang disebut juga dengan ovum pick up (OPU) terjadi antara 24-48 jam setelah sel telur dipicu.
  • Pembuahan
    Sel telur akan siap untuk pembuahan setelah diekstraksi dan dievaluasi. Pemupukan dapat dilakukan secara tradisional atau melalui prosedur ICSI.
  • Perkembangan embrio
    Sel telur yang telah dibuahi menjadi embrio. Perkembangan embrio ini akan dilacak pada hari pertama, ketiga, dan kelima setelah pembuahan.
  • Penanaman embrio
    Rahim akan diisi dengan embrio yang perkembangannya telah terlacak. Ini dikenal sebagai transfer embrio. Jika implantasi embrio tidak memungkinkan, embrio dapat dibekukan.
  • Menunggu hasil
    Setelah prosedur transfer embrio selesai, ibu harus menunggu selama 2 minggu yang sering disebut dengan 2 minggu menunggu (2WW). Setelah dua minggu tersebut, Bunda akan melakukan tes kehamilan dan tes darah untuk mengetahui apakah embrio berhasil ditanamkan atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Copyright by SignumFertility 2021. All rights reserved.