fbpx
Senin - Jumat08:00-14:00Sabtu08:00-13:00Call us 081336865595

Apakah Darah Haid Menggumpal Berbahaya?

December 11, 2023 by admin0
artikel-2023-12-11T094848.892.png

Gumpalan darah menstruasi adalah hal yang khas. Namun, Anda harus berhati-hati jika mengalami gejala tertentu, karena ini mungkin menandakan penyakit atau masalah rahim. Darah menstruasi yang menggumpal seperti daging merupakan fenomena yang biasa terjadi pada wanita. Penyakit ini umumnya muncul pada hari pertama menstruasi dan hilang dengan sendirinya. Namun, jika kondisi ini disertai dengan siklus yang tidak teratur atau berkepanjangan atau pendarahan yang berlebihan, hal ini mungkin menandakan adanya masalah pada organ reproduksi.

 

Kenapa Darah Haid bisa Menggumpal

Saat menstruasi, gumpalan darah terbentuk akibat hilangnya jaringan dinding rahim yang keluar melalui vagina. Lapisan rahim meningkat saat menstruasi untuk mempersiapkan tubuh menghadapi kehamilan. Jika kehamilan tidak terjadi, lapisan rahim akan hancur sehingga mengakibatkan menstruasi.

Warna darah yang menggumpal saat menstruasi juga berbeda-beda. Gumpalan darah mungkin terlihat seperti gel berwarna merah cemerlang, merah tua, atau kecoklatan. Ukurannya berkisar dari kecil hingga cukup besar.

 

Apakah ada Gejalanya

Darah menggumpal saat haid dikatakan tidak normal jika disertai gejala lainnya dan menyebabkan beberapa kondisi, seperti:

  • Perselisihan hormonal
    Hormon reproduksi yang tidak seimbang dapat berdampak pada kesehatan organ reproduksi. Dalam skenario ini, keseimbangan hormon estrogen dan progesteron mempengaruhi kondisi lapisan rahim. Jika keduanya tidak seimbang, bisa saja terjadi penggumpalan darah saat menstruasi.
  • Infeksi di dalam rahim
    Gangguan ini ditandai dengan siklus menstruasi yang memanjang secara tidak normal. Infeksi pada saluran vagina dan rahim ini menyebabkan keluarnya darah beku. Jika kondisi ini terus berlanjut, bisa menyebabkan anemia.
  • Miom
    Darah menstruasi yang menggumpal juga bisa menandakan adanya mioma atau fibroid. Selain itu, penyakit ini ditandai dengan rasa tidak nyaman saat menstruasi yang ekstrim. Jika pembalut Anda terisi dalam 1-2 jam setelah menstruasi dan Anda mengalami banyak pembekuan darah, Anda patut khawatir.
  • Endometriosis
    Endometriosis adalah perkembangan abnormal jaringan di luar rahim yang menyerupai lapisan rahim (endometrium). Etiologi pasti dari penyakit ini tidak diketahui. Namun penyakit ini bisa mengakibatkan darah menstruasi menggumpal. Hal ini disebabkan adanya jaringan yang tumbuh di luar rahim sehingga menyebabkan hilangnya endometrium bersamaan dengan menstruasi. Pendarahan ini juga bisa terjadi di luar siklus menstruasi.
  • Adenomiosis
    Adenomiosis adalah kelainan di mana jaringan yang melapisi dinding rahim berkembang di dalam dinding otot rahim. Jaringan dapat terus menebal dan mengembang hingga membusuk dengan sendirinya. Saat menstruasi, kondisi ini dapat menyebabkan darah menstruasi tersumbat dan terjadi pendarahan yang berlebihan.
  • Tanda-tanda akan datangnya menopause
    Menopause bisa terjadi pada wanita saat berusia 50 tahun atau lebih. Kondisi ini juga ditandai dengan keluarnya darah menstruasi yang menggumpal seperti daging untuk melepaskan sisa-sisa pembuahan yang akan segera habis karena berakhirnya siklus reproduksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Copyright by SignumFertility 2021. All rights reserved.