fbpx
Senin - Jumat08:00-14:00Sabtu08:00-13:00Call us 081336865595

Gejala Vaginosis Bakterial

June 7, 2024 by admin0
artikel-2024-06-07T161737.139.png

Ketika keseimbangan normal mikroorganisme di vagina terganggu, wanita sering mengalami vaginosis bakterial (BV). BV dapat menyebar melalui kontak seksual. Risiko terinfeksi meningkat ketika melakukan kontak seksual dengan pasangan baru dan ketika tidak menggunakan kondom dengan benar dan konsisten. Meskipun penyakit ini terjadi di seluruh dunia, lebih sering terjadi di daerah dengan sumber daya terbatas dan dengan akses terbatas terhadap layanan kesehatan. Beberapa bakteri terkait dengan BV, beberapa di antaranya biasanya ditemukan di vagina yang sehat, meskipun penyebab pastinya tidak diketahui.

Pertumbuhan berlebihan patogen seperti Gardnerella spp., Prevotella spp., Mobilincus spp., Megaspahera spp., dan Sneathea spp. serta berbagai spesies anaerob vagina dengan banyak spesies yang membantu pertumbuhan dan menggantikan laktobasilus yang baik, yang membantu menjaga lingkungan vagina sehat, dapat menyebabkan BV. Selain itu, ada kecocokan yang signifikan antara spesies bakteri yang terkait dengan BV (spp.) dan pasangan seksual.

 

Gejala Vaginosis Bakterial

Beberapa individu dengan vaginosis bakterialis mungkin tidak mengalami gejala apa pun. Gejala yang umum termasuk:

  • Keluarnya cairan vagina yang tidak biasa, mungkin encer, berwarna abu-abu muda atau putih
  • Bau apek atau amis dari vagina
  • Gatal atau peradangan di area vagina
  • Rasa terbakar saat buang air kecil

Bakteri vaginosis adalah kondisi yang umum dan biasanya tidak menyebabkan komplikasi serius. Namun, jika tidak ditangani dengan benar, dapat menyebabkan:

  • Masalah kehamilan, seperti aborsi spontan dan kelahiran prematur
  • Risiko infeksi menular seksual yang lebih tinggi, termasuk HIV dan penyakit radang panggul.

Risiko terkena BV dapat meningkat ketika vagina dibersihkan dan didouching.

 

Jika Anda membutuhkan bantuan seputar program hamil, mengatasi infertilitas, dan program bayi tabung, Anda bisa kunjungi Signum Fertility Clinic untuk mendapatkan pelayanan yang Anda butuhkan.

Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami di:

081336865595

Atau kunjungi langsung Signum Fertility Clinic di Jl. Mayjen Prof. Dr. Moestopo No.31-35, Pacar Keling, Kec. Tambaksari, Surabaya


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Copyright by SignumFertility 2021. All rights reserved.