fbpx
Senin - Jumat08:00-14:00Sabtu08:00-13:00Call us 081336865595

Strategi Promil Walaupun Sedang Infertilitas

May 11, 2024 by admin0
artikel-2024-05-11T132241.155.png

Kehamilan tampaknya mudah bagi sebagian pasangan suami istri, tetapi sebagian orang membutuhkan lebih banyak usaha untuk hamil, salah satunya melalui program hamil.

Program hamil adalah upaya pasangan yang “sengaja” untuk mempercepat kehamilan. Sebenarnya, lebih cocok untuk pasangan yang telah mengalami infertilitas, yaitu kesulitan hamil meskipun telah melakukan hubungan intim secara teratur (2-3 kali seminggu) tanpa menggunakan kontrasepsi selama satu tahun. Namun, semakin banyak pasangan sekarang yang ingin memiliki anak segera setelah menikah.

 

Tahapan Promil Saat Mengalami Infertilitas

Program kehamilan yang efektif memiliki rencana, struktur, dan tujuan yang jelas. Ini adalah prosedurnya:

  • Berkonsultasi dengan profesionalnya
    Untuk memulai, Anda harus mencari dokter spesialis kandungan dan kebidanan, konsultan fertilitas, atau dokter spesialis kandungan yang dilatih untuk menangani infertilitas. Alternatifnya, cari fasilitas fertilitas yang didedikasikan untuk membantu pasangan hamil. Institusi seperti ini biasanya menawarkan berbagai macam rencana hamil, seperti bayi tabung dan inseminasi intrauteri (IIU). Terdiri dari dokter spesialis kebidanan dan kandungan, ahli fertilitas, embriolog, dan androlog.
  • Memeriksa penyebab infertilitas
    Dokter akan memastikan apakah pasangan memiliki masalah infertilitas setelah mereka berkonsultasi. Jika ada, sumber infertilitas harus diidentifikasi dan diobati. Pria 35% dan wanita 35% bertanggung jawab atas infertilitas. Jumlah yang tersisa adalah faktor kombinasi atau idiopatik, yang berarti tidak ada penyebab yang jelas. Pria sering mengalami infertilitas karena kualitas cairan sperma yang buruk. Sedangkan pada wanita, infertilitas biasanya disebabkan oleh masalah produksi sel telur, sumbatan saluran telur, atau kelainan pada rahim. Dokter akan meminta kedua belah pihak untuk menjalani beberapa pemeriksaan dan penilaian kesuburan untuk mencapai tujuan ini. Hasilnya akan digunakan untuk menentukan jenis apa yang paling cocok untuk pasangan.
  • Mengikuti Saran Dokter Spesialis Kandungan untuk Meningkatkan Kesuburan Anda
    Dokter akan mengobati penyebab infertilitas sebelum menentukan program hamil yang tepat. Proses pengobatan ini kadang-kadang membutuhkan waktu yang lama, jadi pasangan harus bersabar dan tetap mengikuti arahan dokter hingga tuntas agar hasilnya terbaik. Pilihan pengobatan biasanya bergantung pada penyebab infertilitas, durasi infertilitas, usia wanita dan pria, dan preferensi pribadi:

    • Perubahan gaya hidup. Ini termasuk menghindari merokok, alkohol, dan narkoba, mengonsumsi makanan yang seimbang, mengelola stres, dan menurunkan berat badan sampai berat badan yang sehat.
    • Pembedahan Untuk pria, pembedahan biasanya dilakukan untuk varikokel, yang merupakan pembengkakan pembuluh vena skrotum yang sering menyebabkan infertilitas. Untuk wanita, pembedahan biasanya dilakukan untuk sumbatan saluran telur, endometriosis, pengangkatan polip atau mioma.
    • Pemberian obat-obatan kesuburan: pada pria, obat-obatan ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah, bentuk, dan pergerakan sel sperma, dan pada wanita, obat-obatan ini bertujuan untuk mengontrol atau menstimulasi pertumbuhan sel telur yang baik. Sebagian besar obat kesuburan bekerja dengan mengimitasi hormon tubuh yang alami.
  • Memilih metode kehamilan yang tepat
    Setelah penyebab infertilitas diobati, pasangan dapat mempersiapkan diri untuk memulai proses hamil yang sebenarnya. Beberapa pasangan masih perlu mempertahankan gaya hidup sehat dan mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan dokter sampai mereka hamil. Jika Anda tidak bisa hamil, ada dua cara umum untuk hamil, yaitu melalui:

    • Program Hamil Alami Proses pembuahan tetap terjadi secara alami, yaitu melalui hubungan intim, pada cara ini. Hanya saja, frekuensi hubungan intim dan waktu yang tepat untuk pembuahan perlu diatur. Studi menunjukkan bahwa pasangan yang berhubungan intim 2-3 kali seminggu memiliki tingkat kehamilan tertinggi, yang dimulai segera setelah haid berhenti. Ini meningkatkan kemungkinan pembuahan di masa subur dan meningkatkan kualitas cairan sperma.
    • Teknik reproduksi berbantu (TRB) termasuk:
      • Injeksi intrauterin (IUI). Selama prosedur ini, cairan sperma pria dimasukkan ke dalam rahim wanita melalui selang khusus yang mirip dengan sedotan tipis. Metode ini dapat digunakan bersamaan dengan penggunaan obat yang bertujuan untuk meningkatkan ovulasi.
      • Fertilisasi in vitro (IVF), juga dikenal sebagai bayi tabung. Pembuahan dilakukan di laboratorium melalui FIV. Selanjutnya, embrio yang telah dibentuk ditransfer ke dalam rahim wanita. Tahapan FIV biasanya mencakup stimulasi atau induksi ovarium, pengambilan sel telur atau ovum, fertilisasi (pembuahan) dan kultur embrio, dan transfer embrio.
      • Untuk transfer berikutnya, embrio yang tersisa dari tahap akhir FIV dapat disimpan dalam cryopreservation.
      • TRB cara lain termasuk donasi sperma, sel telur, embrio, dan surrogacy (pengganti ibu).

 

Perlu diingat bahwa tidak ada satu metode yang ideal untuk setiap pasangan. Setiap pilihan akan disesuaikan dengan kondisi infertilitas pasangan dan preferensi mereka sendiri.

 

Jika Anda membutuhkan bantuan seputar program hamil, mengatasi infertilitas, dan program bayi tabung, Anda bisa kunjungi Signum Fertility Clinic untuk mendapatkan pelayanan yang Anda butuhkan.

Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami di:

081336865595

Atau kunjungi langsung Signum Fertility Clinic di Jl. Mayjen Prof. Dr. Moestopo No.31-35, Pacar Keling, Kec. Tambaksari, Surabaya


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Copyright by SignumFertility 2021. All rights reserved.