fbpx
Senin - Jumat08:00-14:00Sabtu08:00-13:00Call us 081336865595

Alkohol Berbahaya Bagi Ibu Hamil, Kenapa?

January 17, 2024 by admin0
artikel-2024-01-17T105427.348.png

Minum alkohol selama kehamilan tidak dianjurkan karena dapat membahayakan janin dan ibu hamil. Informasi mengenai meminum alkohol dalam jumlah sedikit selama kehamilan dianggap aman tetapi tidak boleh dimakan sepenuhnya. Pasalnya, daya tahan setiap wanita terhadap minuman beralkohol berbeda-beda. Wanita hamil harus menghindari alkohol demi keselamatan mereka sendiri.

 

Mengapa Ibu Hamil Tidak Boleh Meminum Alkohol

Tidak disarankan minum alkohol saat hamil. Saat ibu hamil meminumnya, alkohol masuk ke aliran darahnya dan bisa melewati plasenta, sehingga janin dalam kandungan juga bisa “meminumnya”. Alkohol akan dipecah di hati. Namun, karena hati janin masih dalam tahap pematangan, maka ia belum sepenuhnya mampu memecah alkohol. Akibatnya, kadar alkohol dalam peredaran darah janin bisa meningkat sehingga mempengaruhi tumbuh kembangnya saat masih dalam kandungan dan bahkan setelah lahir.

 

Risiko mengonsumsi alkohol pada trimester pertama kehamilan

Jika ibu hamil mengonsumsi alkohol pada trimester pertama kehamilan, perkembangan organ tubuh, wajah, dan anggota tubuh janin mungkin akan terpengaruh. Hal ini meningkatkan kemungkinan bayi mengalami kelainan lahir. Bahaya lainnya termasuk keguguran, kelahiran dini, dan berat badan lahir rendah.

 

Risiko mengonsumsi alkohol pada kehamilan trimester kedua

Risiko mengonsumsi alkohol pada trimester kedua kehamilan tidak bisa diabaikan. Meski dalam dosis kecil, asupan alkohol meningkatkan kemungkinan keguguran pada trimester kedua hingga 70%.

 

Risiko lain mengonsumsi alkohol saat hamil

Minum alkohol selama kehamilan, terutama dalam jumlah banyak, dapat menyebabkan janin mengalami sindrom alkohol janin. Bayi dengan FAS mungkin mengalami kelainan lahir, ketidakmampuan belajar, masalah perkembangan, gangguan perilaku, dan kesulitan bergaul dengan orang lain.

Selain berbahaya bagi janin, mengonsumsi alkohol juga dapat membahayakan kesehatan ibu hamil. Wanita yang meminum minuman beralkohol saat hamil berisiko mengalami dehidrasi, tekanan darah tinggi, kekurangan nutrisi, dan berpotensi diabetes gestasional.

 

Jika Anda membutuhkan bantuan seputar program hamil, mengatasi infertilitas, dan program bayi tabung, Anda bisa kunjungi Signum Fertility Clinic untuk mendapatkan pelayanan yang Anda butuhkan.

Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami di:

  • 081336865595

Atau kunjungi langsung Signum Fertility Clinic di Jl. Mayjen Prof. Dr. Moestopo No.31-35, Pacar Keling, Kec. Tambaksari, Surabaya


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Copyright by SignumFertility 2021. All rights reserved.