fbpx
Senin - Jumat08:00-14:00Sabtu08:00-13:00Call us 081336865595

Apakah Endometriosis Dapat Sembuh

November 28, 2023 by admin0
artikel-2023-11-28T105855.420.png

Terapi endometriosis dapat dilakukan dengan mempertimbangkan kondisi setiap pasien. Endometriosis dapat diobati dengan pengobatan, pengobatan hormon, atau pembedahan.

Endometriosis adalah masalah kesuburan yang menyerang wanita. Sindrom ini muncul ketika jaringan yang identik dengan lapisan endometrium tumbuh di luar rahim. Endometriosis dapat menyebabkan peradangan sehingga menyebabkan ketidaknyamanan saat menstruasi.

Meski begitu, wanita yang menderita endometriosis bisa sembuh dengan terapi yang tepat. Endometriosis dapat mempersulit wanita untuk hamil, oleh karena itu pengobatan sangat penting jika pasangan suami istri ingin segera berkeluarga. Berbagai perawatan tersedia, mulai dari pengobatan, terapi hormon, hingga teknik bedah.

 

Bagaimana Cara Menyebuhkan Endometriosis

Berikut beberapa cara pengobatan endometriosis yang bisa dilakukan:

  • Obat-obatan
    Obat dapat digunakan untuk mengatasi nyeri parah yang disebabkan oleh endometriosis, terutama saat menstruasi. Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti ibuprofen atau naproxen akan diresepkan oleh dokter. Obat semacam ini bekerja dengan menghalangi molekul penyebab rasa sakit dan peradangan.
  • Perawatan penggantian hormon
    Terapi hormonal adalah salah satu obat pereda nyeri yang paling efektif. Perawatan hormon ini bekerja dengan cara mencegah pembentukan kadar estrogen dalam tubuh, sehingga mencegah pembentukan jaringan baru. Ada beberapa bentuk pengobatan hormon yang dapat digunakan, antara lain:

    • Tablet KB yang mengandung hormon estrogen dan progesteron
    • Antagonis dan agonis terapi hormon hormon pelepas gonadotropin (Gn-RH).
    • Perawatan progestin dalam bentuk tablet, suntikan, atau alat kontrasepsi dalam rahim
  • Operasi
    Jika kondisi endometriosis parah, tindakan bedah akan dilakukan. Jika pengobatan alternatif gagal, dokter akan menggunakan prosedur pembedahan seperti laparoskopi atau histerektomi untuk mengangkat jaringan endometriosis. Teknik bedah digunakan untuk meningkatkan kemungkinan kehamilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Copyright by SignumFertility 2021. All rights reserved.