fbpx
Senin - Jumat08:00-14:00Sabtu08:00-13:00Call us 081336865595

Ciri-ciri Hamil Muda yang Sering Tidak Diketahui

November 29, 2023 by admin0
artikel-2023-11-29T112232.563.png

Kehamilan dini tidak hanya ditandai dengan terlambatnya menstruasi. Ada juga gejala lain yang sering diabaikan para ibu. Banyak wanita tidak menyadari gejala awal kehamilan. Sebab, tanda-tanda awal kehamilan sangat mirip dengan tanda-tanda menstruasi. Selain itu, gejala awal kehamilan tidak selalu sama pada setiap wanita; penyakit ini mungkin berbeda-beda. Wanita hamil mengalami berbagai gejala kehamilan, mulai dari yang paling sering hingga yang paling jarang terjadi.

 

Apa Saja Ciri-ciri Hamil Muda

Terlambatnya menstruasi merupakan salah satu indikator kehamilan yang paling umum. Namun penyakit ini sering terjadi pada wanita yang memiliki periode menstruasi tidak teratur. Tes kehamilan menggunakan test pack merupakan salah satu cara sederhana untuk mengetahui apakah Anda hamil atau tidak. Meski demikian, ada beberapa aspek awal kehamilan yang dialami wanita, seperti:

  • Muntah dan mual
    Wanita yang baru pertama kali hamil mungkin akan merasakan mual dan muntah. Morning Sickness adalah nama lain dari penyakit ini. Meski disebut mual di pagi hari, gejala awal kehamilan biasanya tidak terasa di pagi hari. Ibu hamil mungkin akan mengalami mual dan muntah pada sore atau bahkan malam hari.
  • Haid yang terlambat
    Terlambat menstruasi merupakan hal yang biasa terjadi pada ibu hamil. Terlambat menstruasi terjadi ketika seorang wanita melewatkan menstruasi selama seminggu atau lebih. Saat seorang wanita hamil, tubuhnya memproduksi hormon human chorionic gonadotropin (hCG), yang dapat menyebabkan terhentinya ovulasi.
  • Perubahan pada payudara dan puting
    Perubahan payudara adalah ciri awal kehamilan yang tidak disadari banyak wanita. Peningkatan jumlah hormon progesteron dan estrogen menyebabkan penyakit ini. Payudara ibu hamil terasa lebih kencang, terkadang nyeri, sensitif dan tidak nyaman. Warna puting susu berubah menjadi merah tua, dan daerah sekitar puting susu menjadi hitam. Karena gejalanya mirip dengan gejala sebelum menstruasi, jarang sekali wanita yang menyadari penyakit ini.
  • Kram dan pendarahan ringan
    Wanita hamil lebih rentan mengalami kram dan pendarahan ringan. Sindrom ini berkembang akibat menempelnya embrio pada dinding rahim. Ini dikenal sebagai implantasi.
  • Sakit kepala
    Peningkatan hormon menyebabkan pembuluh darah mengendur dan melebar sehingga menimbulkan sakit kepala. Kondisi ini dapat membantu memperlancar aliran darah ke janin, namun juga dapat menghambat aliran darah kembali ke pembuluh darah ibu hamil.
  • Sembelit
    Sembelit adalah salah satu gejala awal kehamilan yang jarang ditemui oleh wanita hamil. Sembelit disebabkan oleh hormon progesteron, yang meningkat selama kehamilan dan melemaskan otot. Gangguan ini menyebabkan pergerakan usus menjadi lamban dan menyerap banyak air sehingga mengakibatkan sembelit pada ibu hamil pada trimester pertama.
  • Perubahan suasana hati
    Salah satu tanda kehamilan yang jarang diketahui adalah perubahan suasana hati. Perubahan suasana hati atau mood shift terjadi akibat perubahan hormonal dalam darah yang dialami ibu hamil. Perubahan suasana hati seperti marah, melankolis, atau gelisah sering terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Copyright by SignumFertility 2021. All rights reserved.