fbpx
Senin - Jumat08:00-14:00Sabtu08:00-13:00Call us 081336865595

Apakah sering main HP saat hamil berisiko bahaya?

March 9, 2022 by admin0
signum33.jpg

Selama masa kehamilan, ibu akan lebih banyak istirahat, terutama saat memasuki trimester tiga.Pada fase ini, perlu semakin membesar dan ibu agak sulit untuk beraktivitas seperti biasa.Saat istirahat, ibu akan menjadikan ponsel atau HP menjadi alat pengusir bosan. Sayangnya, hal ini justru dapat membahayakan kesehatan janin dalam kandungan.

Penelitian terbitan Journal of Epidemiology and Community Health menunjukkan bahwa menggunakan ponsel yang berlebihan saat hamil bisa mengganggu keterampilan anak saat lahir nanti.Peneliti melakukan penelitian terhadap 4.389 pasangan ibu dan anak yang menjadi responden sejak pertengahan kehamilan, yakni sekitar tahun 1999 sampai 2008.

Hasilnya, terdapat penurunan kemampuan bahasa anak dan keterampilan motorik pada anak usia 3 tahun yang lahir dari ibu sering main HP saat hamil.Meski begitu, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa penggunaan ponsel selama hamil dengan perkembangan saraf anak yang ibu kandung.

Penelitian lain dari Scientific Reports menunjukkan hasil yang tidak jauh berbeda.Paparan HP sebelum dan sesudah melahirkan dapat mengembangkan masalah perilaku pada anak.Ambil contoh, anak menjadi hiperaktif, kurang perhatian, dan sering bermasalah dengan teman sebayanya.

Hugh Taylor dari Yale University School of Medicine membuktikan hal ini dengan uji sampel tikus yang hamil.Peneliti mendekatkan ponsel aktif menerima sinyal kepada 42 sampel tikus.Sementara itu, 42 tikus hamil lain pada HP yang mati dan tidak bisa menerima sinyal selama dua minggu.

Hasilnya, anak tikus yang induknya terpapar radiasi HP cenderung mengalami penurunan memori dan menjadi hiperaktif.Hugh Taylor menyerupai perubahan perilaku ini serupa dengan anak-anak yang mengalami ADHD atau ADD (attention deficit disorder) pada manusia.

Pada otak janin yang sedang berkembang di dalam rahim, sel-sel janin mengalami replikasi yang cepat dan rentan terhadap gangguan dari luar, termasuk dari paparan radiasi dari HP.Bahkan sekitar 11 persen anak dengan kondisi ADHD memiliki ibu yang sering main HP saat hamil.

Cara mengurangi efek negatif sering main HP saat hamil

Berikut adalah tips mencegah paparan radiasi bagi untuk ibu yang sering main HP saat hamil.

  • Hindari penggunaan HP saat tidak perlu.
  • Simpan ponsel di atas meja saat beraktivitas di rumah dan matikan saat tidur.
  • Hindari penggunaan HP ketika sinyal jaringan lemah karena memancarkan lebih banyak radiasi pada daerah yang minim sinyal.
  • Jauhkan ponsel dari saku celana, kantong jaket, area lain yang dekat dengan perut
  • Saat bepergian, lebih baik masukkan ponsel ke dalam tas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Copyright by SignumFertility 2021. All rights reserved.