fbpx
Senin - Jumat08:00-14:00Sabtu08:00-13:00Call us 081336865595

Penyebab Janin Tidak Bergerak Aktif dalam Kandungan

February 24, 2022 by admin0
signum17.jpg

Aktivitas gerakan bayi dalam perut kerap dijadikan salah satu cara oleh ibu hamil untuk mengetahui kondisi janin mereka.Umumnya, Bumil sudah bisa merasakan pergerakan janin pada usia kehamilan 16- 22 minggu. Makin bertambah usia kehamilan, makin kuat dan banyak gerakan janin.

Apa penyebab bayi tidak bergerak dalam kandungan?

Ada berbagai macam penyebab bayi tidak bergerak dalam kandungan seperti biasanya. Penurunan frekuensi dan intensitas gerakan ini bisa saja tidak berbahaya, tapi terkadang juga menjadi pertanda adanya masalah pada janin Anda.

Beberapa penyebab janin tidak bergerak aktif seperti biasanya:

1. Hipoksia (janin kekurangan oksigen)

Penyebab janin tidak bergerak aktif seperti biasanya bisa jadi akibat kondisi hipoksia. Kondisi ini terjadi ketika janin kekurangan oksigen. Hipoksia disebabkan karena tali pusar janin terlilit, sehingga oksigen dan darah tidak dapat tersalurkan dengan baik.

2. Kekurangan cairan ketuban

Ketuban berfungsi menjaga kondisi janin tetap aman, hangat, serta terlindungi. Selain itu ketuban juga bisa membuat janin bebas bergerak selama dalam kandungan. Ketika kondisi kandungan kekurangan cairan ketuban, maka pergerakan janin menjadi berkurang.

3. Usia kehamilan

Usia kehamilan yang telah memasuki trimester ketiga atau lebih dari 32 minggu umumnya membuat janin tidak bergerak aktif seperti biasanya. Mengapa? Hal ini dikarenakan ukuran janin yang semakin membesar, sehingga rahim menjadi semakin sempit dan tidak ada cukup ruang untuk bergerak.

4. Janin sedang tidur

Janin juga membutuhkan waktu untuk tidur. Umumnya ia akan tidur dalam waktu tidak lebih dari 90 menit. Dalam kondisi tidur, janin 5 bulan tidak bergerak secara aktif. Namun tidak perlu khawatir karena janin akan kembali bergerak ketika ia bangun.

5.  Ibu stres

bayi di dalam kandungan daat menangkap dengan mudah emosi sang ibu dan terpengaruh secara langsung oleh emosi tersebut. Janin dapat mengalami periode tidak aktif ketika ibu sedang mengalami stress,depresi,dan sedih,dan lainnya.

Tips dan Trik Memancing Janin Bergerak Lagi

  • Cobalah bersuara. Bumil bisa mengajaknya berbicara atau menyetel musik untuk melihat apakah ada respons gerakan darinya.
  • Minum air dingin atau makan makanan yang manis.
  • Beristirahat
  • Menyentuh atau mengelus perut.
  • Berbaring pada sisi kiri. Posisi ini bisa memperlancar sirkulasi dan dapat memicu janin menjadi lebih aktif bergerak.

Kapan Harus ke Dokter?

Bumil perlu waspada apabila rangsang yang diberikan pada janin tidak juga membuat pergerakannya meningkat atau janin tetap berhenti bergerak. Bumil disarankan untuk segera pergi ke dokter kandungan,Dokter biasanya akan melakukan Non-Stress Test (NST).

Selain NST, USG juga dapat memberikan gambaran mengenai gerakan, pertumbuhan, dan perkembangan janin. Dari situlah, dokter kemudian mengetahui apakah janin Anda tumbuh dan berkembang dengan baik atau tidak.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Copyright by SignumFertility 2021. All rights reserved.