fbpx
Senin - Jumat08:00-14:00Sabtu08:00-13:00Call us 081336865595

Penyebab Bau Badan Saat Hamil Dan Cara Mengatasinya

February 5, 2022 by admin0
signum14.jpg

Penyebab bau badan saat hamil

1. Perubahan hormon

Kadar hormon di dalam tubuh akan berubah drastis selama kehamilan. Salah satunya hormon estradiol yang menyebabkan bau badan lebih menyengat. Umumnya, hormon ini akan menyebabkan bagian ketiak dan organ intim memproduksi bau yang tidak sedap.

2.Peningkatan Keringat

peningkatan hormon estrogen dan progesteron selama kehamilan membuat metabolisme dan kelenjar keringat menjadi lebih aktif. Selain itu, faktor berat badan yang naik karena ukuran janin juga bisa membuat suhu tubuh cenderung hangat. Hal ini dapat membuat tubuh ibu hamil memproduksi keringat lebih banyak.

3. Indra penciuman meningkat

Bau badan saat hamil yang Anda alami, belum tentu tercium juga oleh orang lain. Pasalnya, indra penciuman Anda akan menjadi lebih sensitif selama hamil.Mungkin bau badan Anda sebenarnya normal saat hamil. Namun, karena indra penciuman menjadi lebih sensitif, Anda dapat merasakan adanya bau tidak sedap.

4.Perubahan Pola Makan

Makanan juga merupakan salah satu hal yang menjadi faktor terjadinya bau badan selama kehamilan. Beberapa makanan yang umumnya menyebabkan bau badan antara lain adalah daging merah dengan asam amino yang tinggi, seafood, serta beragam jenis olahan bawang.

5.Persiapan untuk Menyusui

Bau badan saat hamil juga bisa menjadi persiapan ibu menjelang masa menyusui. Sebab, bayi yang baru lahir belum memiliki indra penglihatan dan pendengaran yang sempurna. Ia akan mengandalkan indra penciumannya untuk mengetahui keberadaan sesuatu, seperti payudara Anda misalnya.

Cara mengatasi bau badan saat hamil

Perbanyak minum air putih

Minumlah minimal 10-11 gelas setiap hari untuk mencegah dehidrasi dan menjaga suhu tubuh tetap stabil sehingga mampu mengurangi bau badan saat hamil.Banyak minum air putih juga bisa menstabilkan suhu tubuh kamu, jadi tubuh tidak terlalu panas.

Hindari pakaian ketat

Pilih pakaian yang longgar dan memiliki bahan yang menyerap keringat. Linen dan katun adalah salah satu contohnya. Berikan ‘ruang’ bagi tubuh untuk bernafas.

Pilih Menu Makan dengan Tepat

Batasi atau hindari mengonsumsi makanan yang dapat mencetuskan bau badan. Sebagai gantinya, Anda dapat memperbanyak konsumsi buah-buahan. Selain berpotensi menurunkan risiko bau badan, konsumsi buah-buahan juga baik untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan.

Mandi Dua Kali Sehari

Mandi dua kali menggunakan sabun antibakteri yang bersifat ringan merupakan salah satu cara untuk mengatasi bau badan saat hamil. Pastikan seluruh bagian tubuh bersih dengan sempurna, khususnya di bagian lipatan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Copyright by SignumFertility 2021. All rights reserved.