fbpx
Senin - Jumat08:00-14:00Sabtu08:00-13:00Call us 081336865595

Makanan Rekomendasi Ibu Hamil Trimester Pertama

January 5, 2024 by admin0
artikel-2024-01-05T090504.659.png

Trimester pertama kehidupan bayi memberikan nutrisi penting seperti karbohidrat, protein, lemak sehat, serat, vitamin, dan mineral. Nutrisi dalam masakan sangat penting tidak hanya untuk kesehatan anak, tetapi juga untuk tumbuh kembang anak.

Tiga bulan pertama kehamilan merupakan masa kritis dalam kandungan bagi tumbuh kembang janin. Perkembangan organ janin terjadi pada masa ini, dan ibu hamil dapat dibedakan berdasarkan ciri-ciri kesehatan janin pada trimester pertama.

Jika ibu hamil tidak menjalani pola hidup sehat, termasuk mengonsumsi makanan seimbang, sel-sel janin yang akan tumbuh menjadi organ tubuh bisa rusak atau gagal terbentuk dengan baik. Kelainan kelahiran dan bahkan keguguran mungkin terjadi sebagai akibatnya. Oleh karena itu, penting bagi ibu hamil untuk memahami jenis makanan yang aman dikonsumsi selama trimester pertama.

 

Macam-macam Makanan Rekomendasi Ibu Hamil Trimester Pertama

  • Sayuran (hijau)
    Brokoli, bayam, sawi, kangkung, dan kubis merupakan beberapa jenis sayuran hijau yang sebaiknya dikonsumsi ibu hamil sepanjang trimester pertama. Sayuran ini kaya akan nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil, antara lain vitamin C, vitamin K, kalsium, zat besi, serat, folat, kalium, dan antioksidan.
  • Kacang
    Kacang-kacangan yang bermanfaat untuk dikonsumsi ibu hamil antara lain kacang kedelai, kacang panjang, kacang polong, kacang tanah, dan lentil. Kadar folat yang tinggi pada kacang-kacangan sangat ideal untuk dikonsumsi ibu hamil, terutama pada trimester pertama.
  • Buah-buahan
    Buah, seperti halnya sayuran hijau, kaya akan vitamin, mineral, dan serat, yang semuanya membantu menjaga kesehatan pencernaan dan menghindari sembelit. Buah-buahan yang aman dikonsumsi saat hamil trimester pertama antara lain jeruk, pepaya, mangga, melon, alpukat, stroberi, pisang, dan kiwi.
  • Produk olahan susu dan susu
    Pada trimester pertama, ibu hamil sebaiknya minum susu dan produk olahannya seperti yoghurt dan keju. Hal ini dikarenakan susu mengandung kalsium dan protein yang keduanya dibutuhkan untuk tumbuh kembang janin dan kekuatan tulang pada ibu hamil. Susu juga mengandung fosfor, vitamin B, magnesium, dan seng, serta mikroorganisme untuk membantu pencernaan.
  • Daging, telur, dan ikan
    Makanan seperti ikan, telur, dan daging juga bermanfaat bagi ibu hamil sepanjang trimester pertama. Ikan mengandung protein dan asam lemak omega-3 yang bermanfaat bagi perkembangan otak dan sistem saraf janin. Ikan yang rendah merkuri seperti ikan mas, lele, makarel, nila, mujair, ikan mas, salmon, dan tuna sebaiknya dikonsumsi oleh ibu hamil.
  • Sumber makanan karbohidrat
    Nasi, kentang, roti, biskuit, dan sereal merupakan contoh makanan kaya karbohidrat. Ibu hamil membutuhkan karbohidrat sebagai sumber energi untuk beraktivitas. Karbohidrat juga dibutuhkan sepanjang trimester pertama kehamilan untuk pembentukan organ janin.

 

Jika Anda membutuhkan bantuan seputar program hamil, mengatasi infertilitas, dan program bayi tabung, Anda bisa kunjungi Signum Fertility Clinic untuk mendapatkan pelayanan yang Anda butuhkan.

Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami di:

  • 081336865595

Atau kunjungi langsung Signum Fertility Clinic di Jl. Mayjen Prof. Dr. Moestopo No.31-35, Pacar Keling, Kec. Tambaksari, Surabaya


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Copyright by SignumFertility 2021. All rights reserved.