fbpx
Senin - Jumat08:00-14:00Sabtu08:00-13:00Call us 081336865595

Perbedaan Usia Kehamilan dan Usia Janin,Wajib Tahu!

March 14, 2022 by admin0
signum29.jpg

Usia kehamilan dihitung dari waktu menstruasi terakhir Anda, walaupun perkembangan janin belum dimulai sampai terjadinya pembuahan (sel telur dibuahi oleh sperma). Dokter biasanya akan menggunakan usia kehamilan untuk memperkirakan kapan bayi akan lahir.  Ini dihitung selama 40 minggu, dari waktu menstruasi terakhir sampai waktu melahirkan tiba.

Sedangkan, usia janin adalah usia sebenarnya janin yang tumbuh dalam rahim.  Usia janin dihitung berdasarkan pertumbuhan janin dalam rahim, setelah proses pembuahan terjadi. Melalui pemeriksaan USG (ultrasonography), ibu bisa mengetahui usia janin dalam rahim. Termasuk ukuran tubuh janin, seperti ukuran kepala, lengan, dan bagian tubuh lainnya.

Haruskah khawatir jika usia janin beda dengan usia kehamilan?

Jika beda usia kandungan dan usia janin hanya terpaut jarak sekitar 2 minggu, Anda tidak perlu khawatir.Ini masih normal dan dokter kandungan Anda akan memastikan perbedaan usia kehamilan dan usia janin tidak makin jauh pada pemeriksaan selanjutnya.

Perkembangan janin yang terlihat kecil atau besar pada hasil pemindaian mungkin dipengaruhi oleh faktor genetik.Kedua orang tua mungkin sama-sama bertubuh kecil atau justru besar sehingga janin mencerminkan karakteristik itu pada usianya.

Akan tetapi, jika usia janin amat jauh lebih kecil daripada usia kandungan ini mungkin pertanda adanya masalah pertumbuhan yang disebut intrauterine growth restriction (IUGR). Bayi yang memiliki kondisi ini tidak mendapatkan cukup nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan untuk tumbuh dan berkembang selama dalam kandungan. 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Copyright by SignumFertility 2021. All rights reserved.