fbpx
Senin - Jumat08:00-14:00Sabtu08:00-13:00Call us 081336865595

Ketahui Gejala Dan Penyebab Sindrom Polikistik Ovarium

December 30, 2021 by admin0
signum-4.jpg

Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS)

Sindrom polikistik ovarium atau polycystic ovarian syndrome (PCOS) merupakan gangguan hormon yang terjadi pada wanita di usia subur.Penderita PCOS mengalami gangguan periode menstruasi yang tidak teratur dan memiliki kadar hormon androgen yang berlebihan. Hormon androgen yang berlebih pada penderita PCOS dapat mengakibatkan pembentukan kista multipel pada ovarium.

Gejala Sindrom Polikistik Ovarium

  • Gangguan siklus menstruasi. Perempuan yang mengidap PCOS bisa mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur.Penderita PCOS hanya mengalami menstruasi sebanyak kurang dari 8-9 kali dalam setahun.Hal ini dikarenakan menurunnya aktivitas ovulasi pada sistem reproduksi sehingga dinding rahim tidak dapat meluruh.
  • Pertumbuhan rambut berlebih.Gejala ini dialami lebih dari 70% orang yang mengalami PCOS,terutama pada  dada, perut, dan punggung.
  • Warna kulit menggelap.Beberapa bagian tubuh penderita PCOS bisa menjadi gelap, terutama di daerah lipatan lipatan leher, ,bagian bawah payudara,dan selangkangan.
  • Muncul jerawat parah. PCOS membuat kondisi kulit menjadi lebih berminyak dari biasanya. kondisi ini yang  memicu pertumbuhan banyak jerawat di area wajah, dada, hingga punggung bagian atas.
  • Perubahan mood.Para penderita PCOS, tubuh menghasilkan kadar hormon yang tidak teratur,sehingga berdampak juga pada suasana hati atau mood penderita.Kondisi ini berpotensi menyebabkan stres, bahkan depresi.

Penyebab Sindrom Polikistik Ovarium

Sampai saat ini, belum diketahui dengan pasti apa yang menyebabkan PCOS. Namun, ada beberapa faktor yang diduga sebagai penyebab PCOS, yaitu:

  • Kelebihan hormon insulin
    Hormon insulin merupakan hormon yang menurunkan kadar gula dalam darah. Insulin yang berlebih akan meningkatkan produksi hormon androgen dan mengurangi sensitivitas tubuh terhadap insulin.
  • Faktor genetik
    Hal ini karena sebagian penderita PCOS juga memiliki anggota keluarga yang menderita PCOS.

Pengobatan Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS)

  1. Memperbaiki siklus menstruasi. dokter mungkin akan merekomendasikan pengobatan seperti mengonsumsi Pil KB yang mengandung estrogen dan progestin untuk mengurangi produksi androgen dan mengatur estrogen di dalam tubuh atau bisa melalui terapi progestin.
  2. Memberi obat untuk membantu proses ovulasi,membantu tubuh berovulasi dengan normal.
  3. Bedah ovarium.Pembedahan yang disebut ovarium drilling juga mungkin dilakukan untuk membuat ovarium bekerja lebih baik.

Pengobatan di rumah untuk PCOS

  • Jaga berat badan dengan olahraga teratur untuk meningkatkan kesehatan reproduksi.
  • Makan makanan rendah karbohidrat olahan.
  • Olahraga juga dapat membantu tubuh mengatur insulin.
  • Jika Anda merokok, pertimbangkan untuk berhenti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Copyright by SignumFertility 2021. All rights reserved.